Tak bisa dikecoh, receiver ini bisa tangkap sinyal tersembunyi

Tak bisa dikecoh, receiver ini bisa tangkap sinyal tersembunyi

Techno.id - Berkat ketekunan selama ini, sekelompok teknisi listrik dari University of California San Diego, Amerika berhasil membuat sebuah receiver yang diklaim dapat mendeteksi dan menangkap sinyal yang tersembunyi. Receiver yang mengusung metode spektral-kloning tersebut dilaporkan dapat mereplikasi sinyal meski dalam keadaan yang cukup bising serta intensitasnya rendah dan dalam skala yang cukup kecil.

Seperti dilansir oleh ScienceDaily (11/12/15), receiver ini dapat menghasilkan beberapa spektral berwarna yang kemudian dapat digabungkan menjadi salinan sinyal. Salinan tersebut kemudian dapat dijadikan patokan mencari sinyal di kondisi ruangan misalnya yang kurang baik atau banyak gangguan (noise).

"Dengan receiver ini, sinyal tersembunyi pun dapat ditangkap dan dideteksi dengan baik. Bahkan, jika sinyal yang diterima pun skalanya kecil dan lemah," ujar Stojan Radic, teknisi listrik senior yang juga pemimpin penelitian.

Dalam artikel yang dipublikasikan melalui Jurnal Science 11 Desember silam tersebut, Radic mengungkapkan jika receiver buatannya dapat pula berpotensi meningkatkan metode keamanan sinyal komunikasi yang banyak digunakan saat ini. Melalui metode tersebut, receiver juga dapat digunakan untuk melancarkan proses komunikasi pada jarak yang lebih panjang dan dengan keamanan yang jauh lebih baik.

Uniknya, selain dapat digunakan untuk menerima sinyal komunikasi dengan intensitas yang lemah, receiver buatan Radic dan kawan-kawan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menangkap sinyal gambar yang terdistraksi pada mikroskop. Receiver bahkan mampu membedakan antara noise atau bidang sinyal sehingga mampu menghasilkan citra atau gambar yang jauh lebih jelas.

Tak bisa dikecoh, receiver ini bisa tangkap sinyal tersembunyi

Skema kerja receiver 2015 Photonics Systems Group at UC San Diego

(brl/red)