NASA temukan badai sebesar Jupiter di sebuah planet katai

Techno.id - Astronom NASA baru-baru ini mengklaim telah menemukan fenomena alam yang cukup unik sekaligus ngeri. Pasalnya, fenomena yang sempat tertangkap oleh teleskop Kepler ini mengungkapkan sebuah fenomena badai raksasa seukuran Jupiter di sebuah planet katai yang dijuluki W1906+40.

John Gizis dari University of Delaware yang juga tim peneliti mengungkapkan jika fenomena ini terjadi selama hampir kurang lebih 2 tahun ini.

"Badai yang kami amati ini memiliki ukuran sebesar Red Spot di planet Jupiter dan badai telah terjadi sekitar dua tahun ini atau bahkan lebih," ungkap Gizis seperti dilansir oleh ScienceDaily (12/12/15).

Lebih lanjut Gizis menjelaskan jika badai yang terjadi di planet berjenis L-Katai (planet kerdil dengan kondisi thermal yang dingin) ini memiliki ukuran yang cukup raksasa. Saking raksasanya diameter badai, Gizis mengungkapkan jika badai mampu menampung tiga bumi didalamnya sekaligus.

Dari pengamatan menggunakan Spitzer diperoleh informasi bahwa badai tersebut berputar di sekitar bintang setiap 9 jam sekali. "Kami tak dapat memperkirakan apakah badai ini merupakan jenis fenomena yang unik atau umum? Diperlukan pengamatan lanjutan," terang Gizis.

Serasa tak puas dengan hasil temuan ini, peneliti dikabarkan akan melakukan pengamatan lanjutan untuk kembali mencari planet katai lainnya yang diduga memiliki fenomena badai seperti W1906+40 ini.