Ras Labs klaim bisa buat robot bergerak seperti manusia

Ras Labs klaim bisa buat robot bergerak seperti manusia

Techno.id - Ras Labs, perusahaan startup khusus bahan-bahan sintetis mengklaim baru saja menemukan otot sintetis yang dapat membuat robot bergerak persis seperti manusia. Pihak Ras Labs mengklaim bahan "elektroaktif" tersebut memiliki tampilan baik ukuran maupun fungsi yang hampir sama dengan otot manusia.

Seperti dilansir oleh TechCrunch (12/9/15), bahan otot sintetis tersebut kabarnya ditemukan secara tidak sengaja oleh Founder Ras Labs, Lenore Rasmussen. Menurut Rasmussen, saat ia mencoba mencampurkan beberapa bahan ternyata menghasilkan gumpalan jelly yang ketika dialiri listrik menjadi punya tekstur dan ukuran yang hampir menyerupai otot manusia. Dari situlah, ia dan timnya mencoba untuk mengembangkan bahan temuan tak sengaja tersebut supaya bisa dijadikan sebagai salah satu otot pengganti di masa depan.

Saat ini, bahan dari otot sintetis tersebut sedang melalui sejumlah percobaan dengan pihak International Space Station atau stasiun antariksa internasional. Rasmussen menjelaskan, uji coba di luar angkasa dengan ISS ini penting dilakukan untuk menguji daya tahan dari bahan "elektroaktif" tersebut. Kabarnya, hasil dari uji coba luar angkasa ini akan berakhir pada tahun 2019 saat roket SpaceX Falcon 9 yang sempat membawa bahan ke ISS kembali lagi ke bumi.

Selain ditujukan untuk penggunaan pada robot, Rasmussen berharap hasil temuannya ini dapat digunakan pada keperluan medis, seperti mengganti otot pada manusia yang mengalami cedera. Untuk itu, tim Ras Labs dikabarkan sedang membuat otot sintetis yang mirip dan dapat menyesuaikan dengan daging manusia.

(brl/red)