Orang pendek lebih rentan terkena serangan jantung

Orang pendek lebih rentan terkena serangan jantung

Techno.id - Jika Anda merasa lebih pendek dari teman sebaya Anda, sebaiknya Anda harus mewaspadainya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Profesor Sir Nilesh Samani dari University of Leicester menunjukkan bahwa orang pendek berisiko terkena serangan jantung lebih besar dari orang bertubuh tinggi.

Penelitian ini sempat mengejutkan semua orang. Kebanyakan orang mengira serangan jantung itu berasal dari pembuluh darah di jantung yang tersumbat oleh tumpukan lemak. Namun, penelitian tadi mengatakan lain, meski seseorang terlihat sehat, jika tubuhnya pendek maka orang tersebut bisa saja terkena serangan jantung.

Untuk mengetahui benar tidaknya penelitian tadi, Profesor Sir Nilesh Samani melakukan riset dengan mengambil sampel gen dari 200.000 orang yang mengidap penyakit jantung dan yang sehat. Dari penelitian ini ditemukan 180 varian gen memengaruhi tinggi badan, menurut New England Journal of Medicine, seperti yang dilansir oleh DailyMail.

Para ahli berasumsi bahwa orang bertubuh pendek memiliki arteri koroner yang lebih kecil sehingga memungkinkan lebih banyak terjadi penyumbatan lemak. Lalu, apa yang harus dilakukan orang bertubuh pendek?

Bagi mereka yang bertubuh pendek disarankan tidak perlu mencemaskan hasil penelitian tersebut. Profesor Sir Nilesh Samani menjelaskan, "Risiko orang pendek terkena serangan jantung begitu kecil bila dibandingkan dengan perokok yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 2-3 kali lipat."

Namun, bukan berarti orang bertubuh tinggi bisa bersantai karena tak memiliki risiko terkena serangan jantung. Terlepas dari faktor tinggi badan, sebenarnya semua orang tetap harus menjaga kesehatan dengan mengatur pola hidup yang sehat.

(brl/red)