Berbekal smartphone, ilmuwan di Amerika hendak deteksi gempa bumi

Berbekal smartphone, ilmuwan di Amerika hendak deteksi gempa bumi

Techno.id - Sekelompok ilmuwan asal Amerika Serikat, baru-baru ini melaporkan bahwa teknologi yang terdapat pada smartphone dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi gempa bumi. Ya, hanya berbekal fitur yang ada di dalam ponsel yang sering Anda gunakan sehari-hari, seperti GPS, accelerometer, dan konektivitas data, Anda bisa membuat sebuah sistem peringatan dini gempa bumi.

Dikutip dari PhoneArena (13/4/15), sistem peringatan dini gempa via ponsel pintar ini bekerja dengan mengidentifikasikan getaran awal atau tremor yang biasa terjadi sebelum gempa dengan kekuatan lebih besar terjadi. Bahkan, para peneliti menjelaskan jika sistem ini juga bisa dimanfaatkan untuk memprediksi lokasi akan terjadinya gempa.

Saat ini, tim peneliti sedang mengembangkan sistem percontohan deteksi dini gempa via smartphone ini di Chili. Tujuannya, tidak lain adalah untuk membangun jaringan peringatan dini dari smartphone yang dapat tersedia nantinya secara komersial. Untuk itu, langkah pertama yang dilakukan oleh para peneliti adalah menguji apakah nantinya data yang terekam pada ponsel pintar bisa benar-benar digunakan untuk mendeteksi gempa bumi, sama seperti yang terjadi di Jepang tahun 2011 ketika perangkat ponsel yang terhubung dengan GPS dapat digunakan untuk mendeteksi gempa bumi yang menyebabkan tsunami dalam waktu sekitar satu menit dari gempa pertama.

(brl/red)