Nantinya, jaring laba-laba bisa dijadikan pengganti jantung manusia

Nantinya, jaring laba-laba bisa dijadikan pengganti jantung manusia

Techno.id - Banyak temuan mengagumkan terkait jaring laba-laba, salah satunya sebagai pertahanan keamanan. Ternyata, jaring laba-laba yang begitu tipis ini juga dapat dijadikan bahan pembuatan rompi anti peluru. Bahkan, belum lama ini para peneliti telah menemukan jaring laba-laba yang dapat digunakan sebagai pengganti jantung manusia yang telah rusak.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan ilmuwan dari Moskow Institute for Physics and Technoogy baru-baru ini di PLOS ONE, serat jaring laba-laba terbukti dapat dijadikan substrat untuk tumbuhnya tendon dan tulang rawan. Namun, hasil tersebut tak membuat para peneliti puas, mereka memutuskan untuk meneliti kembali apakah serat dari protein spidroin (bahan pembentuk jaring laba-laba) ini dapat membentuk jaringan jantung juga.

Untuk mengetahuinya, para peneliti menanamkan serat spidroin pada kardiomiosit (sel-sel otot jantung yang rusak) tikus selama 3-5 hari. Hasilnya mengejutkan, lapisan sel jantung tikus telah terbentuk dan mampu berkontraksi melakukan impuls listrik, seperti jaringan jantung yang normal, seperti yang disadur dari Gizmodo (11/04/2015).

Sepertinya beberapa tahun lagi, banyak orang yang akan menggunakan jantung buatan dari serat laba-laba ini. Serat tersebut telah terbukti kuat, bahkan lima kali lebih kuat dari baja dan dua kali lebih elastis dari nilon. Semoga dalam waktu dekat hasil temuan ini dapat segera diterapkan pada manusia.

(brl/red)