Mikroba dalam tanah memicu tumbuh kembang tanaman lebih besar

Mikroba dalam tanah memicu tumbuh kembang tanaman lebih besar

Techno.id - Dengan perkembangan ilmu pengetahuan, nampaknya para petani tak perlu lagi menaburkan pupuk ke tanaman mereka. Pasalnya, kini pupuk tersebut dapat digantikan dengan mikroba yang hidup di dalam tanah.

Ulrich Mueller, seorang ahli biologi dari University of Texas dan Joel Sachs dari University of California telah mengamati bahwa tanaman seperti Arabidopsis Thaliana dapat tumbuh lebih besar dari yang lain. Menurut mereka, semua ini berkat campur tangan mikroba yang hidup di tanah sekitar akar tanaman tersebut.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Mikroba di dalam tanah diduga telah membantu mengubah nutrisi menjadi bentuk yang lebih mudah untuk dicerna oleh tanaman, sebagaimana yang disampaikan oleh Gizmodo (27/9/15).

Mueller dan Sachs awalnya tak percaya, namun setelah mereka melakukan uji coba, ternyata memang benar bahwa mikroba telah membantu proses pertumbuhan suatu tanaman. Kala itu, keduanya mencoba mengambil mikroba di sekitar akar tanaman Arabidopsis Thaliana dan dipindahkan ke bibit tanaman dengan jenis yang sama. Hasilnya sungguh mengejutkan, bibit tanaman tadi juga tumbuh subur seperti habis diberikan pupuk.

Ke depannya, mereka berharap agar temuan ini dapat digunakan para petani untuk meningkatkan produksi dan kesehatan tanaman mereka. Dengan begitu, petani tak perlu lagi mengeluarkan dana lebih untuk membeli pupuk ataupun pestisida.

(brl/red)