Menghapus kenangan masa lalu dengan seberkas cahaya

Menghapus kenangan masa lalu dengan seberkas cahaya

Techno.id - Apakah kenangan masa lalu Anda kerap hadir menghantui Anda? Sakit memang, bila kenangan buruk itu terus mondar-mandir di pikiran. Apalagi kenangan itu menyangkut hubungan dengan seseorang yang Anda cintai.

Tenang, semua yang Anda takutkan kini dapat dihapus layaknya teknologi canggih di film Man In Black. Begitu Anda melihat cahaya, maka semua ingatan serta kenangan masa lalu akan hilang dalam sekejap. Hal itu ternyata sudah ditemukan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan asal University of California.

Para peneliti yang bekerja sama dengan lembaga di Amerika Serikat dan Jepang ini telah mengembangkan perangkat baru yang dapat menghapus memori di otak. Perangkat ini mereka namakan sebagai AS-PaRac yang diujikan ke otak tikus agar dapat diketahui efek sampingnya.

Perangkat ini akan mengeluarkan cahaya terang yang konon katanya dapat menghapus memori ingatan sang tikus. Menurut para ahli, cahaya dari AS-PaRac dapat mengubah pertumbuhan ujung-ujung dendrit yang biasa digunakan neuron untuk berkomunikasi satu sama lain. Nah, terganggunya pertumbuhan dendrit itulah yang menyebabkan tikus tidak dapat mengingat kejadian sebelumnya, seperti yang disadur dari Iran-Daily (13/9/15).

Hilangnya ingatan tikus dapat diketahui ketika tikus sudah tak dapat mengingat latihan yang telah diajarkan ilmuwan. Tadinya, tikus diajarkan untuk tinggal di atas pipa. Namun, setelah mendapat pengaruh dari AS-PaRac, tikus melupakan semua pelajaran yang pernah dia dapat.

Jika tikus saja dapat melupakan segalanya, bagaimana dengan manusia?

(brl/red)