Racun tawon Brazil ini diklaim bisa membunuh sel kanker

Racun tawon Brazil ini diklaim bisa membunuh sel kanker

Techno.id - Kanker adalah salah satu penyakit yang dikatakan pembunuh banyak manusia selama beberapa dekade ini. Belum ada obat yang tepat untuk menyembuhkannya.

Namun dilansir oleh Sciencedaily.com (01/09/15), Sebuah jurnal penelitian mengatakan jika tawon Brazil atau Polybia paulista memiliki racun yang bisa membunuh sel kanker tanpa harus merusak sel normal. Racun yang disebut MP1 ini memiliki bahan yang kuat untuk melawan kanker.

"Terapi Kanker yang menyerang komposisi lipid dari membran sel akan menjadi kelas baru obat anti kanker," ujar penulis penelitian, Paul Beales dari University of Leeds di Inggris.

"Ini bisa berguna dalam mengembangkan terapi kombinasi baru, di mana beberapa obat yang digunakan secara bersamaan untuk mengobati kanker dengan menyerang bagian yang berbeda dari sel-sel kanker pada saat yang sama," tambahnya.

Dalam Studi masa depan, para peneliti berencana akan mengembangkannya dengan mengubah urutan dari MP1. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan selektivitas pertida dan potensi untuk tujuan klinis lainnya.

"Memahami mekanisme kerja peptida ini akan membantu dalam penelitian translasi unuk lebih menilai potensinya untuk digunakan dalam obat-obatan yang lain," ujar Paul Beales.




(brl/red)