Ginjal buatan bakal jadi solusi transplantasi organ di masa depan

Ginjal buatan bakal jadi solusi transplantasi organ di masa depan

Techno.id - Masalah utama dari proses transplantasi organ saat ini adalah minimnya ketersediaan organ yang akan ditransplantasi. Padahal kebutuhan akan organ untuk ditransplantasi kini makin meningkat.

Untuk itu, sekelompok peneliti asal Jepang baru-baru ini mempublikasikan temuannya berupa organ ginjal buatan melalui Journal Proceedings of the National Academy of Science. Seperti dilansir oleh Softpedia (22/9/15), ginjal buatan para peneliti asal Jepang tersebut diklaim mampu bekerja layaknya organ ginjal asli karena dilengkapi dengan jalur kemih dan juga kandung kemih.

Dalam percobaan yang dilakukan, tim peneliti menggunakan tikus dan babi sebagai subjek penelitian. Disebutkan, organ ginjal buatan yang ditransplantasikan ke dalam tubuh tikus dan babi tersebut menunjukkan performa yang cukup baik terutama saat memproses air kemih melalui jalur kemih buatan yang direkayasa dari sel induk.

Sayangnya, peneliti mengungkapkan jika ginjal buatan ini masih belum siap untuk ditransplantasikan ke tubuh manusia. Menurut peneliti, mereka perlu melakukan uji coba lanjutan terutama terkait ketahanan organ buatan dalam jangka waktu lama dan kemungkinan kegagalan fungsi organ ginjal buatan yang malah dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker misalnya, kepada manusia.

Ginjal buatan bakal jadi solusi transplantasi organ di masa depan

Ilustrasi ginjal buatan yang dikembangkan oleh peneliti 2015 bbc.co.uk

(brl/red)