Gawat, 3 fauna asli Indonesia terancam punah gara-gara perburuan!

Gawat, 3 fauna asli Indonesia terancam punah gara-gara perburuan!

Techno.id - Indonesia sudah diakui sebagai salah satu negara yang memiliki keanekaragaman fauna yang sangat tinggi. Selain karena Indonesia bersuhu tropis yang cocok bagi habitat beragam hewan, wilayah geografis Tanah Air juga menjadi anugerah tersendiri dari Yang Kuasa.

Sayangnya, kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan fauna masih jauh dari kata bagus. ProFauna Indonesia belum lama ini merilis data yang cukup miris. Mereka menyatakan ada tiga mamalia yang terancam punah, yakni Orangutan Sumatera (Pongo abelii), Kukang Jawa (Nycticebus javanicus), dan Simakobu (Simias concolor).

"Berdasarkan penelitian yang dilakukan lembaga konservasi dunia (IUCN) selama 2014-2016, ada 25 jenis primata di dunia terancam punah dan tiga diantaranya jenis primata yang hidup dan berkembang di Indonesia," papar juru kampanye ProFauna Indonesia, Swasti Prawidya Mukti, pada Antara (30/01/16).

Perburuan adalah penyebab utama hewan-hewan eksotis itu meregang nyawa. Masih menurut Swasti, 70 persen primata Indonesia pun bukan tidak mungkin akan musnah selamanya akibat hasrat pemburu yang membunuh primata untuk kesenangan semata itu.

Swasti turut menyoroti adanya peningkatan perburuan satwa dalam lima tahun terakhir. Tren tragis ini diperparah dengan doyannya pihak-pihak tak bertanggung jawab yang mengunggah aksi dan hasil perburuannya di media sosial.

(brl/red)