Siapa bilang manusia tak bisa jadi Spiderman di dunia nyata?

Siapa bilang manusia tak bisa jadi Spiderman di dunia nyata?

Techno.id - Beberapa waktu lalu, sekelompok ilmuwan asal University of Cambridge sempat mengungkapkan bahwa tak akan pernah ada manusia di dunia ini yang bisa merayap di dinding layaknya si pahlawan super Spiderman. Pasalnya, untuk merayap di dinding persis seperti Spiderman maka manusia memerlukan tangan yang sangat besar dengan bantalan perekat untuk mengangkat bobot tubuh mereka, bukannya baju elastis seperti yang digunakan oleh Spiderman.

Nah, menjawab keraguan para peneliti dari Cambridge tersebut, Elliot Hawkess seorang peneliti asal Stanford University baru-baru ini mengungkapkan telah berhasil menemukan sebuah sarung tangan yang bisa membuat manusia merayap di dinding kaca layaknya Spiderman. Sebagaimana dilansir oleh Engadget (28/1/16), sarung tangan buatan Hawkess yang dijuluki sarung tangan Gecko itu disebutkan mampu mendistribusikan berat badan sehingga manusia pun bisa merayap di dinding kaca meski tak secepat Spiderman.

Sarung tangan itu kabarnya dilengkapi dengan 24 kotak perekat yang masing-masingnya tertutup oleh gigi gergaji nanofibers mini. Kotak tersebut dapat merekat ke dinding ketika pengguna mengarahkannya ke jalur yang benar.

Selain itu, peneliti mengungkap jika sarung tangan juga dilengkapi dengan depression springs di belakang masing-masing kotak. Bahan itu diklaim sangat lembut, sehingga dapat membantu menjaga semua tekanan menyebar dengan rata.

Sekadar informasi, saat ini sarung tangan Gecko tersebut masih dalam tahap pengembangan. Peneliti pun diketahui tak akan sembarangan menjual sarung tangan itu ke pasaran. Kabarnya, sarung tangan hanya akan dipergunakan untuk situasi dan keadaan tertentu saja.

(brl/red)