CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 9 Februari 2016 10:44

Di masa depan, robot kecoak ini bakal menyelamatkan nyawa manusia

Kecoak dipilih karena hewan itu dinilai mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan ruang yang kecil sehingga sangat cocok untuk misi penyelamatan.

Di masa depan, robot kecoak ini bakal menyelamatkan nyawa manusia

Techno.id - Jangan kaget, di masa depan sebuah robot berbentuk kecoak diklaim akan bisa menyelamatkan nyawa manusia! Hal ini disampaikan oleh para peneliti dari kampus UC Berkeley, Amerika melalui penelitian terbarunya,.

Ya, sebagaimana dilansir oleh TheNextWeb (8/2/16), para peneliti dari kampus tersebut mengklaim telah berhasil merancang sebuah robot untuk misi penyelamatan berbentuk kecoak. Bentuk kecoak dipilih karena hewan yang identik dengan kesan menjijikkan itu dianggap bisa melewati ruang yang sebelumnya tidak terjangkau oleh alat-alat modern.

Para peneliti mengungkapkan jika robot yang diberi nama CRAM itu didesain semirip mungkin dengan kecoak. CRAM dilaporkan memiliki sendi exoskeleton dan soft shell yang mirip dengan kecoak.

Berkat desain yang mirip dengan kecoak tersebut, si CRAM dilaporkan bisa melewati ruang sekecil 3mm dan mampu bergerak lebih cepat. Bahkan, desain sendi exoskeleton yang diusungnya diklaim dapat menahan kekuatan setara dengan 900 kali bobot bodinya.

Saat ini, CRAM masih dalam bentuk prototipe. Namun, para peneliti berencana untuk melakukan uji coba lanjutan dan menambahkan gerakan yang lebih beragam seperti melompat, berbalik, dan memanjat.

Ilustrasi uji coba robot kecoak
© 2016 thenextweb.com

 

WHAT TO READ NEXT ?