Rekor robot tercepat di dunia main rubik hanya 1 detik

Rekor robot tercepat di dunia main rubik hanya 1 detik

Techno.id - Sebelumnya, rekor menyelesaikan rubik tercepat di dunia dipegang oleh Lucas Etter. Seorang pemuda berusia 14 tahun ini berhasil menyelesaikan rubik 3 x 3 hanya dalam waktu 4,9 detik. Kini, rekor itu telah direbut oleh robot buatan Jay Flatland dan Paul Rose. Dua insinyur software ini berhasil membuat robot yang dapat menyelesaikan rubik dalam waktu 1 detik.

Prestasi ini tidak didapat dalam sekali percobaan. Jay dan Paul harus mengotak-atik robotnya hingga akhirnya sampai pada kecepatan tercepat yakni 1,019 detik. Kecepatan tersebut sekaligus mengalahkan robot rubik sebelumnya yang telah memecahkan rekor dengan kecepatan 3,253 detik.

Bagaimana robot ini dapat menyelesaikan rubik 3 x 3 dengan begitu cepat? Ya, kalau dipikir-pikir sepertinya memang sulit karena robot ini tak memiliki jari. Namun, ternyata masalah itu dapat diselesaikan dengan mengebor bodi rubik agar mudah diputar, seperti yang dilansir oleh DigitalTrends (24/01/2016).

Pergerakan robot ini juga begitu cepat lantaran telah disematkan motor stepper yang dikombinasikan dengan frame printer 3D, dan 4 buah USB webcam. Jadi, ketika semua peralatan ini dihubungkan ke PC, Jay dan Paul tinggal mengatur algoritmanya supaya rubik dapat diselesaikan dalam waktu 1 detik.

Sampai saat ini, rekor kecepatan robot buatan mereka belum tercatat secara resmi. Namun, dalam waktu dekat, keduanya akan melaporkan ke instansi terkait agar kemampuan robot mereka dapat diabadikan di Guinness World Records.

(brl/red)