Cegah penyakit mastitis, mahasiswa UB ciptakan kondom khusus sapi

Cegah penyakit mastitis, mahasiswa UB ciptakan kondom khusus sapi

Techno.id - Menurunnya produksi susu sapi di Indonesia akibat beberapa faktor, seperti penyakit mastitis, mendorong lima mahasiswa Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (UB) Malang untuk berbuat sesuatu. Mereka akhirnya berhasil menciptakan "Hi-Mic", kondom sapi yang berfungsi mencegah penyakit mastitis atau radang kelenjar ambing bagian dalam pada sapi perah.

Seperti dilansir oleh Antara (03/10/15), Hi-Mic adalah benteng yang menjanjikan untuk memperbaiki permasalahan di atas. Hi-Mic dapat meminimalisir masuknya bakteri melalui puting sapi ketika dipakaikan setelah proses pemerahan. Modifikasi dari kondom untuk manusia itu juga diklaim tak akan menimbulkan efek samping, seperti iritasi pada puting sapi perah, karena sudah melewati uji CMT (California Mastitis Test).

Lebih lanjut, alat pengaman ini terbuat dari kondom berbahan latex dan dicampur ekstrak lidah buaya yang dikolaborasikan dengan metode maserasi menggunakan etanol 70 persen. Desainnya pun telah disesuaikan dengan ukuran puting sapi.

Hasil temuan dari tim yang terdiri dari Lovy Cendya Luckyta, Zuhronu Feradatu Khusna, Rizka Suryaning Dewi, Ema Eka Safitri, dan Dicky Yoga Prasetia itu bakal dipresentasikan di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28. Acara tahunan itu tahun ini akan dihelat di Kendari pada tanggal 5 sampai 9 Oktober mendatang.

Sebelumnya, sekelompok mahasiswa UB juga telah menciptakan alat terapi mastitis untuk sapi perah. Alat yang ditujukan untuk meningkatkan produksi susu sapi ini dinamakan Mastitis Electrical Biomedis atau Mastimedis.

(brl/red)