CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 3 Oktober 2015 08:00

Tahukah Anda jika merebus air tak bisa bunuh bakteri?

Bakteri e-coli bisa bertahan hidup meski sudah direbus dalam air bertemperatur 100 derajat Celcius.

Tahukah Anda jika merebus air tak bisa bunuh bakteri?

Techno.id - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dokter dari Departemen Kedokteran Komunitas FKUI, Astrid Widajati Sulistomo telah mengungkap bahwa bakteri "e-coli" di dalam air tanah masih tetap hidup meskipun sudah direbus dengan temperatur 100 derajat Celcius.

Bakteri penyebab diare ini mempunyai semacam pelindung saat suhu panas. Namun, pelindung berupa kristal ini akan pecah dengan sendirinya setelah direbus dan didiamkan selama kurang lebih 10 menit.

"Untuk mematikan 'e-coli' tidak cukup hanya dengan merebus air dalam temperatur 100 derajat, tapi juga harus didiamkan selama 5-10 menit karena bakteri tersebut memiliki pelindung saat suhu panas. Oleh karena itu, air yang baru saja mendidih tidak boleh diminum, meski sudah ditiup," kata Astrid, seperti yang dilaporkan oleh AntaraNews (2/10/15).

Memang, bakteri e-coli itu memiliki beberapa jenis, ada yang berbahaya bagi tubuh dan ada pula yang tidak terlalu berbahaya. Meski begitu, e-coli dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan diare hingga keluar darah. Bahkan, yang paling parah, bakteri e-coli ini bisa merusak ginjal.

Jadi, agar bahaya bakteri tersebut tidak mengganggu kesehatan Anda, perilaku hidup bersih harus diterapkan mulai dari sekarang. Caranya seperti apa? Anda cukup memulainya dari hal yang sederhana, seperti membiasakan mencuci tangan sebelum makan dan setelah dari kamar mandi, serta menjaga kebersihan peralatan makan.

WHAT TO READ NEXT ?