Ciptakan saraf implan, ilmuwan ingin bantu pasien ALS berkomunikasi

Ciptakan saraf implan, ilmuwan ingin bantu pasien ALS berkomunikasi

Techno.id - Sekelompok peneliti asal Stanford University, Amerika baru-baru ini mempublikasikan hasil temuannya yang dapat membantu pasien Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) berkomunikasi dengan lancar. ALS sendiri adalah penyakit saraf yang menyerang neuron atau oto lurik manusia sehingga menyebabkan kelumpuhan pada beberapa bagian tubuh pasien.

Peneliti yang dikepalai oleh Jaimie Henderson tersebut kabarnya menggunakan sistem saraf implan khusus yang memungkinkan pasien ALS bisa berkomunikasi menggunakan otak mereka. Ya, sistem saraf implan yang digunakan oleh Henderson dan tim peneliti ini memungkinkan pasien ALS bisa berkomunikasi dengan cara khusus.

Ciptakan saraf implan, ilmuwan ingin bantu pasien ALS berkomunikasi

Percobaan BrainGate2 pada pasien ALS 2015 Stanford University / Nature Medicine

Seperti dilaporkan oleh Engadget (28/9/15), pasien ALS bakal ditanami sistem saraf implan yang dikenal dengan nama BrainGate2 ini ke otak mereka melalui serangkaian operasi. Setelah berhasil tertanam, maka secara otomatis BrainGate2 akan terhubung dengan software khusus untuk menulis kalimat, Entry teks.

Dalam percobaan yang dilakukan, tercatat pasien yang telah ditanami BrainGate2 ini mampu menulis sebuah kata dalam waktu 6 menit saja. Menurut Henderson, 6 kata per menit yang mampu ditulis menggunakan BrainGate2 ini merupakan hasil terbaik yang pernah dicapai. Terlebih satu kata yang dituliskan tersebut melibatkan aktivitas mental bukannya motorik.

Ke depannya, Henderson berharap penelitiannya ini dapat digunakan secara luas dalam dunia medis untuk membantu pasien dengan gangguan saraf seperti penderita ALS berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya.

(brl/red)