Smartphone Nokia G60 5G resmi rilis, ini spesifikasi lengkap & harga

Smartphone Nokia G60 5G resmi rilis, ini spesifikasi lengkap & harga

Techno.id - Nokia merupakan salah satu perusahaan asal Tampere, Finland yang bergerak di bidang teknologi. Fokus utama menyasar sektor ponsel pintar, tablet dan featured phone, Nokia menjadi brand yang sering dilirik. Terlebih jika melirik lagi 10 tahun yang lalu, hampir semua orang menggunakan featured phone dari Nokia.

Kini Nokia kembali menghadirkan produk anyar untuk mengimbangi pasar ponsel pintar. Dengan menghadirkan smartphone G60 5G, Nokia menjadi perangkat yang patut dilirik terlebih di sektor dapur pacu. Berbekal chipset 5G besutan Qualcomm membuat Nokia G60 menjadi perangkat yang mampu menjalankan banyak aplikasi berat dengan lancar.

Tidak hanya itu, Nokia G60 5G juga dibekali komponen menarik lain yang memberikan kenyamanan tambahan pada ponsel pintar satu ini. Untuk membahas lebih detail mengenai produk baru satu ini, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (6/9), spesifikasi lengkap dan harga dari Nokia G60 5G.

Spesifikasi Nokia G60 5G

Smartphone Nokia G60 5G resmi rilis, ini spesifikasi lengkap & harga

foto: nokia.com

Nokia G60 5G hadir dengan dua varian warna Pure Black dan Ice Gray yang memiliki tampilan minimalis dan simpel. Meski minimalis dan simpel, kesan premium tetap hadir pada ponsel anyar satu ini. Nokia menggunakan bahan daur ulang plastik pada G60 5G yang membuat ponsel ini ramah lingkungan. Masih di sektor desain, Nokia G60 5G memiliki dimensi 166 x 75.9 x 8.6 mm dan bobot 190 g yang masih terbilang ringan untuk sebuah ponsel pintar.

Beralih ke sektor dapur pacu, Nokia G60 5G dibekali chipset Snapdragon 695 5G (6 nm). Dukungan chipset kencang satu ini sudah mampu menjalankan aplikasi berat dengan lancar. Dengan chipset yang digunakan, jaringan 5G pa ponsel pintar ini sudah mampu menangkap sinyal dengan lebih baik dan stabil. Tidak hanya itu, Nokia juga menyematkan Sistem operasi Android 12 yang memberikan kemudahan dan kenyamanan penggunaan.

Smartphone Nokia G60 5G resmi rilis, ini spesifikasi lengkap & harga

foto: nokia.com

Untuk mendukung performa kencang dari Snapdragon 695 5G (6 nm), Nokia memberikan opsi RAM dan storage yang cukup beragam. Varian 4 GB / 64 GB, 4 GB / 128 GB, dan 6 GB / 128 GB bisa dipilih sesuai keinginan masing-masing. Jika kapasitas penyimpanan yang ada dirasa masih kurang, Nokia memberikan opsi penyimpanan tambahan dengan modul microSDXC.

Sektor lain yang tidak kalah penting adalah layar. Nokia G60 5G dibekali layar dengan ukuran 6.58 inch FHD+ (1080 x 2408) IPS LCD, 120Hz, 400 nits, Corning Gorilla Glass 5. Layar dengan ukuran besar ini tentu sudah lebih dari mampu untuk menghasilkan gambar yang jernih berkat penggunaan panel IPS. teknologi refresh rate 120Hz yang dibekalkan juga memberikan kelancaran ketika scrolling aplikasi sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Smartphone Nokia G60 5G resmi rilis, ini spesifikasi lengkap & harga

foto: nokia.com

Untuk mengabadikan momen menarik, Nokia membekali G60 5G dengan modul triple camera pada sisi belakang. Lensa 50 MP, f/1.8, (wide), 5 MP, f/2.2, (ultrawide), dan 2 MP, f/2.4, (depth) yang dilengkapi fitur LED flash, HDR, panorama mampu merekam video hingga 1080p@30fps. Sedangkan sisi depan G60 5G hadir dengan single camera 8 MP, f/2.0, (wide) yang mampu merekam video hingga 1080p@30fps.

Dalam memaksimalkan kenyamanan penggunaan, Nokia memberikan berbagai koneksi wireless menarik pada G60 5G. Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, hotspot bisa digunakan untuk menyambungkan internet dengan lancar. Bluetooth 5.1 juga disematkan untuk mengirim dan menerima berbagai file penting dengan mudah dan cepat. Koneksi wireless lain seperti GPS, NFC, Radio, dan sensor tambahan diantaranya Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, serta compass tidak absen dari perangkat satu ini.

Smartphone Nokia G60 5G resmi rilis, ini spesifikasi lengkap & harga

foto: nokia.com

Baterai dari Nokia G60 5G memiliki kapasitas yang cukup besar di angka 4500 mAh. Dengan kapasitas besar ini, penggunaan G60 5G dalam jangka waktu lama akan memberikan kenyamanan tanpa harus khawatir kehabisan baterai. Dukungan lain seperti Fast charging 20W dan USB Power Delivery 3.0 juga disematkan pada ponsel ini untuk memberikan kecepatan pengisian.

Perkiraan harga global dari Nokia G60 5G sendiri akan berada di angka Rs 25,490 atau setara Rp 4,7 jutaan. Jika melirik spesifikasi yang dibawakan, harga ini termasuk murah. Terlebih lagi, dalam paket penjualan Nokia G60 5G setiap orang akan mendapat Quick Start Guide, Safety Booklet, Sim Pin, dan USB Type C Cable.


(brl/guf)