Laptop Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook rilis, ini spek & harganya

Laptop Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook rilis, ini spek & harganya

Techno.id - Lenovo merupakan salah satu perusahaan besar yang sudah banyak mendulang kesuksesan melalui produk unggulan yang telah mereka rilis. Lenovo juga merupakan perusahaan yang konsisten dalam menghadirkan beragam barang elektronik mulai dari smartphone gaming, laptop, desktop PC, all in one PC, dan masih banyak lagi.

Setiap barang yang dirilis oleh perusahaan asal Beijing, China tersebut tentunya memiliki keunggulan dan pembaruan. Tak terkecuali salah satu produk anyar mereka, Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook hadir sebagai laptop yang tidak hanya cocok untuk mengerjakan keperluan harian, namun juga bermain game. Spesifikasi andal yang dibawakan membuat laptop satu ini sanggup untuk melibas banyak aplikasi berat.

Sesuai namanya, Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook merupakan laptop dengan sistem operasi ChromeOS. Sedikit berbeda dengan Windows, sistem operasi satu ini terbilang lebih ringan dan kencang. Dengan keunggulan tersebut, tentu bukan hal mustahil jika IdeaPad 5 Gaming Chromebook mampu diajak bermain game berat.

Berkenaan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (13/10), spesifikasi lengkap dan harga dari Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook.

Spesifikasi Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook

Laptop Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook rilis, ini spek & harganya

foto: news.lenovo.com

Tidak seperti kebanyakan laptop gaming, Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook justru tampil beda dengan kesan yang lebih kalem. Desain minimalis namun simpel membuat laptop satu ini tidak nampak layaknya perangkat gaming. Pasalnya, IdeaPad 5 Gaming Chromebook hanya memiliki dimensi 356.5 x 253.0 x 19.95 mm dengan bobot 1.82 Kg.

Dimensi ringkas dan bobot yang ringan pada laptop satu ini tentu bisa dibilang sangat ringan. Ditambah dua varian warna Storm Grey dan Stone Blue cenderung terkesan simpel dan kalem. Secara tampang mungkin laptop satu ini memang tidak terlihat seperti perangkat gaming. Bagi pengguna yang senang dengan laptop yang memiliki desain minimalis namun dibekali spesifikasi tinggi, IdeaPad 5 Gaming Chromebook patut untuk dilirik.

Menyinggung soal performa, Lenovo membenamkan processor besutan Intel pada IdeaPad 5 Gaming Chromebook. Dua varian processor Intel Core i5-1235U dan Core i3-1215U bisa dipilih sesuai kebutuhan. Dua varian processor tersebut tentunya memiliki spesifikasi berbeda. Namun yang tetap sama adalah keiritan daya yang dibutuhkan oleh dua varian processor tersebut.

Untuk mendukung performa i5-1235U dan i3-1215U, Lenovo memberikan RAM dan storage yang bisa dibilang cukup. RAM dengan kapasitas 8 GB (single channel) 4266 MHz LPDDR4x disematkan untuk membuka banyak aplikasi dengan lancar. Tidak hanya itu, storage dengan modul SSD M.2 PCIE 2242 sebesar 256 GB dan 512 GB disematkan pada laptop satu ini. RAM dari IdeaPad 5 Gaming Chromebook tentunya masih bisa diupgrade lagi dengan slot SODIMM kosong yang telah disediakan Lenovo. Sedangkan kapasitas storage yang ada bisa dipilih sesuai kebutuhan setiap pengguna.

Laptop Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook rilis, ini spek & harganya

foto: news.lenovo.com

Selesai membahas sektor dapur pacu dan komponen pendukungnya, saatnya beralih ke sisi layar. Meski memiliki dimensi dan bobot yang tergolong sangat ringan, Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook mampu disisipi layar dengan ukuran besar. Lenovo menyematkan layar seluas 16 inch WQXGA (2560 x 1600) IPS, 16:10 aspect ratio, 120 Hz refresh rate, 100% sRGB color gamut, 350 nits, TV Rheinland Low Blue Light (Hardware Solution) Certification.

Layar dengan ukuran 16 inch tentu tidak bisa dibilang kecil. Memainkan game dan membuka aplikasi berat lainnya akan terasa nyaman. Terlebih dukungan panel IPS yang memiliki 100% sRGB color gamut membuat layar ini cocok untuk keperluan konten kreator. Tak berhenti disitu, teknologi 120 Hz refresh rate juga mampu digunakan dengan lancar untuk melibas berbagai game FPS seperti COD, PUBG, Apex, dan masih banyak lagi. Agar betah berada di depan layar laptop ini dalam jangka waktu lama, Lenovo memberikan proteksi TV Rheinland yang berfungsi untuk melindungi mata setiap pengguna.

Layaknya sebuah laptop gaming, Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook hadir dengan keyboard berukuran besar dengan numpad di sisi kenan. Yang membuat keyboard ini istimewa, Lenovo memberikan RGB 4 zona yang bisa diatur sesuai keinginan. Tidak hanya itu, sektor pendukung lain seperti webcam dan audio juga diperhatikan oleh Lenovo.

IdeaPad 5 Gaming Chromebook memboyong webcam 1080p FHD yang berada di sisi tengah atas layar. Tidak hanya itu, speaker 4 x 2W Speaker with Waves Audio yang berada di bagian atas keyboard mampu menghasilkan suara yang tentunya sedap untuk didengarkan.

Laptop Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook rilis, ini spek & harganya

foto: news.lenovo.com

Agar perangkat satu ini bisa terhubung secara wireless maupun wired, Lenovo memberikan beberapa konektivitas unggulan. Di sektor wireless, ada Wi-Fi 6E (802.11 ax)2 22 Intel yang bisa digunakan untuk menghubungkan IdeaPad 5 Gaming Chromebook dengan koneksi internet. Tidak hanya itu, Bluetooth 5 juga tersedia pada perangkat satu ini untuk menerima dan mengirim file tanpa gangguan.

Di sektor wireless, koneksi wired, IdeaPad 5 Gaming Chromebook juga tidak kalah menarik. Lenovo memberikan I/O port 2x USB Type-C (USB 3.2+PD+DP), 2x USB Type A (USB 3.2), MicroSD card slot, serta Combo Audio Jack di sisi kanan dan kiri body laptop ini. Dengan beragam port yang ada, setiap pengguna bisa dengan mudah menambahkan aksesori sesuai keperluan pada laptop ini.

Layaknya sebuah laptop kekinian, tentu Lenovo memikirkan sektor ketahanan baterai. IdeaPad 5 Gaming Chromebook dibekali baterai dengan kapasitas 71Whr. Dengan kapasitas besar ini, Lenovo mengklaim bahwa IdeaPad 5 Gaming Chromebook mampu digunakan selama 11 jam. Untuk sebuah laptop gaming, angka yang didapat tentu termasuk cukup tinggi.

Harga dari Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook akan dipatok di angka $599 atau setara Rp 9,2 jutaan. Mengingat spesifikasi garang yang ditawarkan, harga ini tentunya masih tergolong normal. Terlebih Lenovo IdeaPad 5 Gaming Chromebook sudah dilengkapi dengan ChromeOS, Dropbox, Infinite Painter, Clip Studio Paint, Adobe Lightroom, serta dukungan cloud gaming seperti NVIDIA GeForce NOW, Amazon Luna, dan Xbox Cloud Gaming (Beta)


(brl/guf)