Laptop tipis Acer Swift Edge resmi rilis, ini spesifikasi dan harganya

Laptop tipis Acer Swift Edge resmi rilis, ini spesifikasi dan harganya

Techno.id - Acer merupakan salah satu perusahaan yang mungkin sudah tidak asing di telinga hampir setiap orang. Banyak orang mengetahui Acer merupakan produsen laptop kencang dengan desain kekinian namun memiliki harga yang tidak membuat dompet menangis. Nyatanya hal itu tidak bisa dibilang salah. Selain merilis laptop, Acer juga memproduksi barang elektronik lain seperti all in one PC, tablet, monitor, proyektor, dan masih banyak lagi.

Kini perusahaan asal Hsinchu, Taiwan tersebut kembali merilis produk anyar untuk menambah jajaran laptop mereka. Acer Swift Edge merupakan perangkat anyar yang menyandang "worlds lightest 16-inch OLED laptop". Nyatanya Swift Edge memang memiliki bobot yang sangat ringan tidak lebih dari 1,2 kg.

Layar dengan ukuran 16 inch diboyong Swift Edge. Untuk laptop dengan layar lebar, bobot kurang dari 1,2 kg tentu bisa dibilang sangat ringan. Selain memiliki bobot ringan dan layar lebar, Acer tentu memikirkan poin penting lain pada laptop ini seperti processor, RAM, storage, dan masih banyak lagi.

Berkenaan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (12/10), spesifikasi lengkap dan harga dari Acer Swift Edge.

Spesifikasi Acer Swift Edge

Laptop tipis Acer Swift Edge resmi rilis, ini spesifikasi dan harganya

foto: acer.com

Acer Swift Edge dengan nomor seri SFA16-41-R6YS merupakan laptop anyar yang memiliki desain minimalis namun elegan. Pada laptop tipis satu ini, Acer memberikan dua varian warna Flax White dan Olivine Black. Dua varian warna ini memiliki tampilan yang mewah dan elegan yang sedap untuk dipandang. Tampilan menarik pada Swift Edge tentu akan membuat banyak orang melirik laptop anyar satu ini.

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian pembuka, gelar laptop paling tipis ringkas memang ada pada perangkat anyar satu ini. Dengan dimensi 355.6 x 241.3 x 13.97 mm dan bobot 1,17 kg membuat laptop satu ini menjadi yang paling ringan untuk saat ini. Dengan bobot yang ringan, empu dari perangkat ini tentu akan dengan mudah memindahkan dan membawa Acer Swift Edge ke berbagai tempat sesuai keinginan.

Laptop tipis Acer Swift Edge resmi rilis, ini spesifikasi dan harganya

foto: acer.com

Tidak hanya ringan, Acer Swift Edge tentu dibekali dengan processor kelas unggulan. Dapur pacu jebolan AMD disematkan pada laptop satu ini. Mengusung AMD Ryzen 7 6800U membuat laptop baru ini memiliki potensi tinggi untuk menjalankan banyak aplikasi berat. Dengan 8 Cores 16 Threads, Maximum Boost Clock 4.7 GHz, 16 MB L3 Cache, serta TDP 28 W membuat processor satu ini tidak hanya kencang, namun juga irit daya.

Menjalankan banyak aplikasi berat maupun ringan tentu bukan jadi masalah pada Swift Edge. Terlebih Acer membekali laptop ini dengan integrated graphics card bikinan perusahaan yang sama yaitu Radeon Graphics. Kombinasi processor dan kartu grafis satu nama tentu memberikan kelancaran lebih ketika mengoperasikan laptop baru satu ini.

Untuk memaksimalkan potensi Ryzen 7 6800U, Acer membekali Swift Edge dengan RAM dan storage yang cukup besar. RAM 16 GB LPDDR5 tentu sudah lebih dari cukup untuk membuka banyak aplikasi dengan lancar. Terlebih pada sektor penyimpanan laptop ini Acer membenamkan SSD 1 TB M.2 NVMe PCIe yang tentu sudah lebih dari cukup untuk menyimpan banyak data dengan mudah.

Laptop tipis Acer Swift Edge resmi rilis, ini spesifikasi dan harganya

foto: acer.com

Selesai membahas jeroan, sektor lain yang tentu sangat penting pada Swift Edge tak lain tak bukan adalah layar. Bobot ringan pada Swift Edge mampu menampung layar dengan ukuran 16 inch 4K (3840 x 2400) OLED, 60 Hz, 16:10. DEngan layar berukuran i6 inch, banyak keperluan seperti membuat konten, menonton film, hingga bermain game akan terasa lebih nyaman.

Terlebih Acer Swift Edge hadir dengan panel OLED 4K yang sudah lebih dari mampu untuk menampilkan gambar dengan kualitas unggulan. Meski refresh rate yang ada masih 60 Hz, namun layar satu ini masih bisa diajak menjalankan game kompetitif dengan baik dan lancar.

Laptop tipis Acer Swift Edge resmi rilis, ini spesifikasi dan harganya

foto: acer.com

Sektor lain yang tidak kalah penting pada sebuah laptop tentu saja ada di bagian konektivitas. Layaknya kebanyakan laptop, Acer Swift Edge memiliki koneksi wireless berupa Wi-Fi dan Bluetooth serta wired seperti I/O port. Pada sektor wireless, Acer Swift Edge hadir dengan Wi-Fi IEEE 802.11 a/b/g/n/ac/ax yang lebih dari mampu untuk menangkap sinyal dengan cepat dan stabil. Tak lupa Acer juga membakali Swift Edge dengan koneksi Bluetooth 5.2 untuk mengirim dan menerima data tanpa perlu menunggu lama.

Sektor wired berupa I/O port pada laptop ini bisa dibilang cukup lengkap. Acer menyediakan port 2x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI, Network (RJ-45), serta combo Jack audio 3,5 mm. Port USB Type C yang ada pada Acer Swift Edge tentu sudah mendukung DisplayPort yang membuat pengguna bisa menghubungkan laptop ini dengan monitor via USB Type C. Tidak hanya itu USB type C ini juga berfungsi sebagai charging port saat baterai habis.

Laptop tipis Acer Swift Edge resmi rilis, ini spesifikasi dan harganya

foto: acer.com

Agar laptop kencang satu ini bisa dioperasikan dalam waktu yang lama, Acer membekali Swift Edge dengan baterai 3-cell Lithium Ion yang diklaim mampu bertahan hingga 7 jam 50 menit. Tidak hanya itu, Acer juga memberikan Adapter 65 W yang bisa diisi menggunakan port USB Type C dalam paket penjualan.

Harga dari Acer Swift Edge akan berada di angka $1499.99 atau setara Rp 23 jutaan. Mengingat spesifikasi tinggi yang dibawakan, harga ini tentunya masih tergolong wajar. Terlebih setiap pembeli akan mendapat bundling Windows 11 Home, Unit Acer Swift Edge, serta AC Adapter dalam paket penjualan.


(brl/guf)