9 Cara merawat laptop dan komputer agar performa tetap stabil, jangan disepelekan

9 Cara merawat laptop dan komputer agar performa tetap stabil, jangan disepelekan

Techno.id - Perangkat elektronik di era modern seperti ini sudah menjadi kebutuhan pokok hampir semua orang. Pasalnya, hampir semua pekerjaan sudah mulai melirik potensi teknologi untuk mempermudah pekerjaan. Melalui alat dengan nama laptop dan komputer, hampir semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah.

Menariknya lagi, laptop dan komputer memiliki kesamaan di berbagai lini khususnya sistem operasi berbasis Windows. Tak hanya itu, performa yang disuguhkan dari laptop maupun komputer juga bisa dibilang dapat bersaing. Namun yang paling penting dari pemakaian laptop maupun komputer adalah perawatan dua perangkat tersebut.

Merawat laptop maupun komputer tentu penting dilakukan mengingat dua perangkat tersebut merupakan barang elektronik. Tak lain tak bukan, tujuan dari merawat laptop maupun komputer adalah menjaga kestabilan performa yang dihasilkan. Saat ini laptop dan komputer memiliki performa yang stabil, pengguna perangkat tersebut bisa mengoperasikannya dengan lancar dan mudah.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (20/12), 9 cara merawat laptop dan komputer agar performa tetap stabil.

Cara merawat laptop dan komputer agar performa tetap stabil

9 Cara merawat laptop dan komputer agar performa tetap stabil, jangan disepelekan

foto: unsplash.com

Merawat laptop dan komputer bisa dibilang gampang-gampang susah. Secara umum, baik laptop maupun komputer memang tidak memerlukan perawatan yang rumit. Namun di sisi lain saat perangkat tersebut lalai untuk dirawat, bukan tidak mungkin akan terjadi kerusakan pada laptop maupun komputer. Agar laptop maupun komputer kamu memiliki masa pakai yang lama, simak ulasan berikut untuk mendapat informasi lebih detail.

1. Segera matikan saat tidak digunakan

Mematikan laptop maupun komputer menjadi hal yang wajib untuk diperhatikan. Layaknya seorang manusia, laptop yang merupakan barang elektronik juga membutuhkan istirahat. Kamu bisa segera mematikan laptop saat tidak digunakan dengan cara pilih opsi Shut down. Sejujurnya, menu Sleep sangat tidak dianjurkan untuk digunakan mengingat kelalaian seperti lupa mematikan menjadi faktor yang bisa mengurangi umur perangkat.

2. Batasi waktu penggunaan

Sedikit mirip dengan poin nomor satu, namun maksud dari batasi waktu penggunaan adalah jangan forsir laptop maupun komputer kamu untuk bekerja lebih dari 15 jam tanpa henti. Bagi laptop maupun komputer konvensional, waktu operasi tersebut terbilang sangat lama. Meski memang ada beberapa komputer yang dirancang agar bisa digunakan 24 jam nonstop, namun sesekali perangkat tersebut juga perlu diistirahatkan agar performa yang dimiliki tetap stabil.

3. Letakkan perangkat pada tempat yang sesuai

Bagi kamu pengguna laptop, kurangi penggunaan perangkat tersebut dengan cara dipangku atau dialasi benda tidak rata seperti kasur sofa, dan benda lain. Hal tersebut tentu membuat sirkulasi udara menjadi kurang lancar. Akibat dari perbuatan tersebut, bukan tidak mungkin laptop akan mengalami overheat yang berujung pengurangan masa pakai.

4. Hapus file sampah

Setiap menggunakan laptop maupun komputer, secara otomatis perangkat tersebut akan menghasilkan residu sampah berupa file yang akan mengendap di dalam sistem penyimpanan. Kamu perlu menghapus sampah tersebut secara rutin. Untuk menghapus sampah pada laptop maupun komputer, kamu bisa simak artikel techno.id dengan judul Cara membersihkan cache di laptop dan 7 Cara ampuh membersihkan sampah di laptop.

5. Perhatikan aplikasi dan spesifikasi perangkat

Seringkali banyak orang menggunakan laptop dengan spesifikasi cukup rendah namun diinstal aplikasi berat yang bukan peruntukannya. Hal tersebut tentu membuat laptop bekerja dengan sangat ekstra. Hasil akhir dari memaksa laptop untuk bekerja lebih keras adalah umur perangkat yang lebih cepat berkurang. Hal tersebut tentu sama pada komputer. Selain konsumsi daya yang mengalami peningkatan, performa perangkat juga akan cepat menurun.

6. Perhatikan kebersihan perangkat

Selain air, musuh utama barang elektronik baik laptop maupun komputer adalah debu. Setidaknya bersihkan laptop dan komputer dari debu setiap setengah tahun sekali. Hal tersebut penting untuk dilakukan agar debu yang ada pada laptop maupun komputer tidak mengganggu kinerja perangkat tersebut. Kamu bisa menggunakan kuas kecil atau brush make up untuk membersihkan setiap debu yang ada.

7. Periksa dan ganti pasta processor jika sudah waktunya

Laptop maupun komputer merupakan barang elektronik yang mudah menghasilkan panas khususnya di sektor processor dan kartu grafis. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan pasta processor yang ada. Kamu bisa mengganti pasta processor dan kartu grafis setiap satu tahun sekali.

Untuk beberapa laptop dengan spesifikasi standar, pasta processor bisa juga digunakan untuk kartu grafis. Namun ada juga laptop yang menggunakan thermal pad untuk mendinginkan kartu grafis. Kamu perlu memperhatikan laptop kamu model yang seperti apa sebelum mulai membersihkannya.

8. Gunakan pendingin tambahan

Bagi kamu pengguna laptop, menggunakan pendingin tambahan bisa menjadi opsi untuk memperlama umur perangkat. Kamu bisa menggunakan cooling pad yang dapat dibeli pada beberapa toko komputer atau ecommerce. Fungsi dari cooling pada pada dasarnya adalah mendinginkan bagian bawah laptop. Dengan demikian, umur laptop bisa semakin awet dan tentunya perangkat tersebut nyaman dioperasikan.

9. Cabut aksesori dengan secara perlahan

Cara terakhir pada dasarnya penting namun sering dilupakan. Baik laptop maupun komputer tentu memiliki I/O port yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai aksesori seperti flashdisk, kabel USB, Type C, hingga jack 3.5. Mencabut atau memasang aksesori tersebut secara sembarangan bisa merusak I/O port yang ada. Lama kelamaan, port tersebut akan rusak yang bisa menyebabkan aksesori tidak dapat digunakan secara maksimal.


(brl/guf)