Cara cas smartphone agar aman, hindari perangkat meledak

Cara cas smartphone agar aman, hindari perangkat meledak

Techno.id - Seperti diketahui, ada banyak kasus sebuah HP tiba-tiba meledak akibat dicas oleh pengguna. Bukan hanya sekali dua kali, bahkan peristiwa ponsel meledak sampai menjatuhkan korban jiwa maupun kerugian materiil.

Penyebab dari sebuah HP meledak biasanya timbul dari komponen baterai. Part di dalam baterai lithium-ion mampu menimbulkan reaksi berbahaya dan dapat memicu terjadi kebakaran. Terlebih baterai dapat mengalami panas berlebih atau sering disebut overheating.

Di dalam sebuah baterai terdapat reaksi berantai atau thermal runaway. Reaksi tersebut dapat membuat baterai panas, kemudian saat dilakukan pengecasan akan menimbulkan peningkatan suhu lagi. Alhasil ponsel mampu terbakar bahkan meledak secara tiba-tiba.

Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab mengapa sebuah ponsel dapat mengalami overheating, antara lain:

- Ponsel mengalami kerusakan fisik akibat terjatuh atau bisa disebut dengan dent.
- Ponsel terkena sinar matahari secara langsung dalam kurun waktu cukup lama
- Prosesor yang dipacu secara terus menerus dan terdapat Malware di dalamnya
- Kesalahan ketika melakukan pengecasan baterai

Lantas bagaimana cara agar pengisian daya baterai smartphone tetap aman? Berikut techno.id sajikan cara mudah cas smartphone agar aman yang dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (20/12).

Cara mengecas ponsel agar aman dan tidak meledak.

1. Hindari suhu ekstrim.

Cara cas smartphone agar aman, hindari perangkat meledak

foto: Pixabay.com

Baterai dapat mengalami kerusakan akibat digunakan dalam kondisi suhu ekstrim. Sebuah perangkat smartphone dapat berfungsi secara maksimal dengan suhu antara 0-35 derajat celcius. Apabila kurang atau lebih, ponsel akan mengalami error yang ditandai dengan suhu perangkat yang naik.

2. Jangan letakkan HP di atas kasur ketika dicas.

Meletakan ponsel di atas kasur sangat tidak dianjurkan. Apalagi pengguna juga melakukan pengecasan. Hal tersebut bisa membuat suhu dari ponsel cepat panas karena tertindih maupun terselip. Selain itu, busa kasur dapat menyebabkan kerusakan perangkat karena debu yang dapat masuk.

3. Jauhkan perangkat dari benda mudah terbakar.

Cara cas smartphone agar aman, hindari perangkat meledak

foto: Pixabay.com

Dalam konteks ini, jauhkan ponsel dari sesuai benda mudah terbakar. Sebagai contoh kamu melakukan pengecasan di atas kertas. Atau mungkin kamu sedang menyalakan api di sekitar tempat pengecasan. Hal tersebut tentu sangat tidak dianjurkan.

4. Gunakan charger asli.

Pihak developer sudah memikirkan berapa satuan charger yang tepat untuk digunakan smartphone. Apabila pengguna memakai charger buka aslinya, dan malah meningkatkan daya dari charger, ponsel akan mengalami overheat. Bahkan sebuah ponsel dapat meledak karena kelebihan daya.

5. Merawat kabel charger.

Cara cas smartphone agar aman, hindari perangkat meledak

foto: Pixabay.com

Apabila kedapatan kabel sudah mengalami kerusakan seperti dimakan tikus, terkena benda tajam, atau termakan usia, maka silakan untuk ganti kabel setipe dan asli. Karena kabel yang terbuka dapat menimbulkan korsleting, dan perangkat bisa rusak.

Itulah beberapa cara mudah untuk melakukan pengecasan HP agar tidak meledak. Sebagai tambahan, ada beberapa tanda sebuah ponsel akan meledak. Biasanya muncul suara desisan atau letupan dari dalam perangkat. Selain itu, baterai terlihat menggembung dari ukuran biasanya.

(brl/guf)