Cara menghilangkan virus di smartphone dengan aman, bisa basmi hingga ke akar

Cara menghilangkan virus di smartphone dengan aman, bisa basmi hingga ke akar

Techno.id - Smartphone merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi. Hadirnya smartphone tentu menjadi terobosan mutakhir yang membuat banyak pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah dan nyaman.

Pasalnya, fungsi dari smartphone kini sudah sangat beragam. Tak hanya mengakses aplikasi ringan, namun hadirnya smartphone juga memberikan kemudahan untuk menjalankan keperluan lain seperti mencari informasi, bermain game, hingga streaming video. Meski terbilang andal dalam hampir segala lini, smartphone tentu memiliki kekurangan.

Salah satu kekurangan dari sebuah smartphone adalah ancaman dari luar berupa virus. Virus di smartphone tentu tidak boleh diabaikan. Pasalnya ancaman tersebut tidak hanya bisa merusak perangkat, namun juga meretas data. Akan tetapi masalah tersebut bukan tanpa solusi. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghapus virus di smartphone bahkan hingga ke akar.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (20/12), cara menghilangkan virus di smartphone dengan aman.

Cara menghilangkan virus di smartphone dengan aman

Pada dasarnya cara menghilangkan virus pada smartphone bisa dibilang hampir sama seperti saat menggunakan perangkat elektronik lain. Kamu bisa melakukan beberapa cara yang ada agar virus tersebut tidak semakin merembet ke semua data yang ada pada smartphone. Setiap cara yang ada pada dasarnya perlu disesuaikan dengan kebutuhan smartphone kamu.

Namun penting untuk diingat bahwa setiap virus di smartphone akan berujung dengan merugikan pengguna perangkat tersebut. Jika kamu sudah merasa ada yang tidak beres dengan smartphone kesayangan, segera periksa barangkali ada virus yang bersarang agar bisa segera diatasi dengan cara berikut.

1. Uninstal aplikasi mencurigakan

Cara menghilangkan virus di smartphone dengan aman, bisa basmi hingga ke akar

foto: unsplash.com

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah menguninstal aplikasi mencurigakan pada smartphone. Umumnya setiap aplikasi yang terpasang pada smartphone perlu beberapa perizinan agar bisa terinstal. Namun jika kamu tidak merasa menginstal sebuah aplikasi namun secara otomatis software tersebut ada pada perangkat, segera lakukan uninstal.

Kamu hanya perlu masuk ke Setting > Application, lalu pilih aplikasi yang mencurigakan. Sebelum menguninstal, jangan lupa untuk menonaktifkan semua perizinan yang ada. Tak hanya itu, hapus juga semua data yang ada pada aplikasi tersebut agar semua virus yang mungkin tersimpan di dalamnya bisa terhapus.

2. Instal aplikasi antivirus

Cara menghilangkan virus di smartphone dengan aman, bisa basmi hingga ke akar

foto: unsplash.com

Aplikasi antivirus yang dirilis baru-baru ini sudah memiliki fitur yang bisa dibilang sangat canggih. Hanya dengan mengunduh aplikasi antivirus yang ada, kamu sudah bisa melakukan scan pada smartphone untuk mendeteksi barangkali ada ancaman berupa virus yang menyerang. Jika aplikasi tersebut mendeteksi adanya ancaman, segera periksa kemudian hapus agar tidak menimbulkan masalah.

Jika dirasa aplikasi antivirus sudah tidak diperlukan, tidak ada salahnya untuk uninstal software tersebut dari smartphone. Namun jika kamu masih memerlukan antivirus tersebut, tidak ada salahnya untuk tetap menginstalnya pada perangkat. Pasalnya aplikasi antivirus bisa dibilang cukup berat untuk dipakai. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk uninstal antivirus yang telah dipakai.

3. Kembali ke pengaturan pabrik

Cara menghilangkan virus di smartphone dengan aman, bisa basmi hingga ke akar

foto: unsplash.com

Langkah paling ampuh untuk membersihkan virus pada smartphone hingga ke akar adalah memanfaatkan fitur Reset Factory atau kembali ke pengaturan pabrik. Tak perlu banyak cara lagi, kembali ke pengaturan pabrik merupakan solusi paling ampuh yang bisa dicoba. Bagi kamu yang takut kehilangan data penting, tidak ada salahnya untuk melakukan backup terlebih dahulu.

Namun agar lebih aman, mungkin kamu perlu reset semua data di ponsel pintar tersebut. Pasalnya bukan tidak mungkin jika virus yang ada pada smartphone bersemayam di dalam file perangkat tersebut. Memang risiko kehilangan semua data pribadi. Namun demi keamanan data, langkah tersebut mungkin menjadi solusi yang patut dipertimbangkan.


(brl/guf)