Cara download dan instal IBM SPSS di laptop dan komputer, perhatikan juga spesifikasi minimumnya

Cara download dan instal IBM SPSS di laptop dan komputer, perhatikan juga spesifikasi minimumnya

Techno.id - Angka merupakan salah satu komponen penting dalam mengelola sebuah data. Saking pentingnya sebuah data dalam bentuk angka, bukan hal mustahil jika banyak orang yang menggunakan bantuan aplikasi untuk menghitungnya.

Banyak developer software yang melirik peluang tersebut untuk mengembangkan aplikasi pengolah angka. Salah satu aplikasi pengolah angka yang sudah pasti populer adalah IBM SPSS. Salah satu aplikasi pengolah angka tidak asing di telinga banyak orang.

Namun sebelum bisa digunakan dengan lancar dan nyaman, aplikasi IBM SPSS tentu perlu diinstal terlebih dahulu pada sebuah perangkat seperti laptop dan komputer. Proses instal tersebut tentu perlu memperhatikan beberapa hal sperti spesifikasi minimumnya. Hal tersebut perlu diperhatikan agar saat SPSS dioperasikan tidak ada kendala yang membuatnya crash atau hang di tengah jalan.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (20/12), cara download dan instal IBM SPSS di laptop dan komputer.

Spesifikasi minimum untuk menginstal IBM SPSS

Cara download dan instal IBM SPSS di laptop dan komputer, perhatikan juga spesifikasi minimumnya

foto: ibm.com

Sebelum mulai menggunakan IBM SPSS, kamu perlu menginstal aplikasi tersebut. Proses instal IBM SPSS tentu perlu diperhatikan terlebih dahulu terkhusus di sektor spesifikasi minimum yang diperlukan. Hal tersebut menjadi penting mengingat aplikasi IBM SPSS tidak bisa dibilang ringan. Sebelum mulai menginstal IBM SPSS, kamu perlu simak spesifikasi minimum berikut ini.

Windows 7/8/10 versi 32 Bit
RAM 4 GB
Display monitor minimal 1024 768
Penyimpanan HDD/SSD tersisa 2 GB
Processor minimal single core 2 Ghz

Jika laptop atau komputer kamu memiliki spesifikasi lebih tinggi dari yang tertera di atas, maka bisa dipastikan perangkat tersebut sudah mampu menjalankan IBM SPSS dengan lancar. Tak hanya itu, kamu juga perlu menyiapkan lisensi kode atau Licence Code untuk aplikasi IBM SPSS. Kamu bisa membelinya pada toko langganan atau bisa juga secara online pada website yang menyediakan kode tersebut. Jika semua syarat tersebut sudah terpenuhi, kamu bisa simak ulasan berikut untuk mulai menginstal IBM SPSS.

Cara download dan instal IBM SPSS di laptop dan komputer

Cara download dan instal IBM SPSS di laptop dan komputer, perhatikan juga spesifikasi minimumnya

foto: ibm.com

Setelah mengetahui spesifikasi minimum yang diperlukan untuk menginstal IBM SPSS, kamu sudah bisa menginstal aplikasi tersebut pada laptop dan komputer kamu. Langkah untuk menginstal IBM SPSS pada laptop maupun komputer pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah. Untuk mulai menginstal IBM SPSS, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Buka browser laptop kamu kemudian ketikkan IBM SPSS pada kolom pencarian.
2. Pilih website resmi IBM kemudian download installer SPSS dan tunggu hingga prosesnya selesai.
3. Jika proses download sudah selesai, buka installer tersebut kemudian klik dua kali untuk mulai menginstall.
4. Secara otomatis installer IBM SPSS akan memunculkan Preparing to Install. Tunggu hingga prosesnya selesai.
5. Akan muncul Micensed Materials dengan berbagai tulisan yang ada di dalamnya, klik Next.
6. Akan muncul pop up baru Welcome to the InstallShield for IBM SPSS Statistics 21 Developer, klik Next.
7. Setelah klik Next, kamu akan menjumpai Software Licence Agreement lalu klik Next.
8. Saat muncul pop up Customer information, kamu diminta untuk mengisi kolom yang ada. Namun secara default kolom tersebut akan terisi sesuai nama laptop yang kamu gunakan.
9. Setelah proses pengisian Customer information selesai, pop up baru Help Language akan muncul. Akan ada banyak data, klik saja Next.
10. Pop up selanjutnya akan menampilkan Assistive Technology. Pilih opsi No kemudian klik Next.
11. Jika sudah klik Next pada Assistive Technology, akan muncul Destination Folder. Kamu bisa klik Change untuk mengganti folder tujuan. Jika sudah klik saja Next.
12. Langkah terakhir sebelum menginstal akan muncul Ready to Install the Program. Kamu bisa langsung klik Install.
13. Secara otomatis laptop maupun komputer kamu akan mulai menginstall IBM SPSS. Tunggu saja hingga prosesnya selesai.
14. Setelah proses instal selesai, kamu akan diminta untuk memasukkan License Code yang sudah dibeli sebelumnya. masukkan kode tersebut kemudian kamu bisa menggunakan IBM SPSS secara keseluruhan.


(brl/guf)