WhatsApp resmi tambahkan fitur baru, chat tidak bisa discreenshot lagi

WhatsApp resmi tambahkan fitur baru, chat tidak bisa discreenshot lagi

Techno.id - WhatsApp yang saat ini dikembangkan oleh Meta melakukan berbagai inovasi agar pengguna semakin nyaman. Terlebih WhatsApp tengah fokus dalam mengembangkan fitur keamanan agar privasi pengguna tetap terjaga. Terbaru pihak developer yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg tersebut mengeluarkan tiga fitur baru WhatsApp.

Pengumuman tentang adanya fitur baru WhatsApp ada pada akun Facebook Mark Zuckerberg. Namun fitur baru ini masih akan rilis pada pengguna WhatsApp Beta di operasi Android, iOS, dan Desktop. Ketiga fitur yang ditambahkan oleh Meta adalah pengguna dapat keluar dari grup tanpa ketahuan, menyembunyikan status online, hingga tidak dapat screenshot chat.

Beberapa fitur tersebut tentu sudah ditunggu oleh banyak pengguna. Terlebih fitur keluar dari grup tanpa ketahuan membuat pengguna lebih nyaman dalam menggunakan WhatsApp. Karena selama ini apabila pengguna keluar dari grup akan ketahuan atau terdapat notifikasi tertentu. Hal tersebut membuat beberapa pengguna akan sungkan saat melakukannya.

Fitur baru WhatsApp tersebut akan mulai diluncurkan pada bulan ini secara global. Namun pendistribusiannya tetap dilakukan secara bertahap. Lalu bagaimana dengan penjelasan lengkap dari fitur baru dari WhatsApp? Pada kesempatan ini techno.id akan memberikan tiga fitur WhatsApp terbaru yang dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (10/8).

1. Keluar grup tanpa ketahuan.

WhatsApp resmi tambahkan fitur baru, chat tidak bisa discreenshot lagi

foto: Twitter/ @WABetainfo

Seperti yang diulas sebelumnya, munculnya fitur baru ini dilandasi oleh rasa sungkan pengguna untuk keluar dari grup. Karena pasti pengguna akan meninggalkan sebuah notifikasi tertentu apabila keluar dari grup. Kemudian hal tersebut bisa menjadi sebuah permasalahan antar anggota yang tentu mengganggu.

Sebelumnya WhatsApp memberikan notifikasi bahwa "nomor ini atau nama kontak keluar". Kemudian pemberitahuan itu dapat dilihat oleh seluruh anggota grup. Namun berkat adanya fitur baru WhatsApp, pengguna yang keluar dari grup hanya admin yang mengetahui. Bahkan fitur ini dihadirkan agar pengguna lebih memiliki lebih banyak kontrol dan privasi atas pesan mereka.

2. Sembunyikan status online.

WhatsApp resmi tambahkan fitur baru, chat tidak bisa discreenshot lagi

foto: Twitter/ @WABetainfo

Dengan fitur WhatsApp terbaru ini pengguna dapat menyembunyikan status "Online" pada kontak tertentu. Fitur ini dihadirkan agar pengguna tidak terganggu dengan kontak yang sangat agresif dalam melakukan chatting. Menyembunyikan status Online diharapkan pengguna lebih nyaman dalam menggunakan WhatsApp.

3. Blokir screenshot.

WhatsApp resmi tambahkan fitur baru, chat tidak bisa discreenshot lagi

foto: Twitter/ @WABetainfo

Melakukan screenshot atau tangkapan layar pada sebuah chat WhatsApp tertentu sudah tidak bisa dilakukan lagi. WhatsApp melakukan pemblokiran fitur tangkapan layar agar privasi pengguna dalam membagikan gambar maupun video pada view once tetap terjaga. Akan tetapi jika pengguna tidak mengaktifkan fitur view once atau sekali lihat, pesan gambar atau video yang dikirimkan masih tetap bisa di screenshot.

Fitur ini dihadirkan oleh WhatsApp berkat adanya keluhan mengenai bug dari sistem sekali lihat. Penerima gamabar atau video sekali lihat masih dapat melakukan tangkapan layar atau screenshot. Hal tersebut cukup mengancam privasi banyak pengguna WhatsApp. Fitur ini akan hadir untuk seluruh pengguna WhatsApp secara global dalam waktu dekat ini.


(brl/guf)