Cara mudah kirim pesan WhatsApp tanpa ngetik, pakai Google Assistant

Cara mudah kirim pesan WhatsApp tanpa ngetik, pakai Google Assistant

Techno.id - WhatsApp merupakan platform yang diandalkan pengguna gadget untuk berkomunikasi. Aplikasi WhatsApp dengan berbagai fiturnya juga dapat digunakan untuk mengirimkan sebuah file penting ke pengguna lain. Bahkan WhatsApp juga mempunyai sistem interface yang mudah untuk digunakan.

Platform WhatsApp memiliki fitur chatting yang unik. Sebagai pengguna WA dapat saling berkirim emoji GIF maupun stiker keren untuk menambah rasa asik saat chatting. Selain itu pengguna juga dapat mengirimkan sebuah voice note, sehingga pengguna tidak perlu mengetikan pesan yang ingin disampaikan. Namun tentu voice note memiliki kelemahan pengguna harus merekam terlebih dahulu dan memperdengarkannya.

Pada dasarnya mengirimkan pesan singkat dengan WhatsApp dapat mudah dilakukan. Namun kemudahan tersebut bisa lebih dipermudah dengan hadirnya kolaborasi antara Meta selaku developer WhatsApp dan Google Assistant. Kolaborasi kedua pemuka IT terbesar abad ini memberikan dampak positif untuk berkomunikasi secara lebih mudah dan praktis.

Dengan adanya fitur Google Assistant pengguna WhatsApp dapat mengirimkan pesan tanpa harus mengetik. Sungguh merupakan sebuah inovasi yang menjawab kebutuhan pengguna. Terlebih saat ini ada berbagai macam kendala saat ingin mengirimkan pesan WhatsApp. Seperti orang yang gaptek hingga perangkat yang rusak. Lalu bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur tersebut? Kali ini techno.id akan memberikan Cara mudah kirim pesan WhatsApp tanpa ngetik yang dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (22/7).

Cara mudah kirim pesan WhatsApp tanpa ngetik, pakai Google Assistant

foto: pixabay.com

Berikut langkah yang bisa dilakukan oleh pengguna:

1. Silakan buka aplikasi Google Assistant. Apabila pengguna belum memiliki platform tersebut silakan untuk unduh dan instal melalui Google Play Store.

2. Setelah aplikasi Google Assistant dapat dibuka melalui perangkat yang digunakan, silkan untuk ucapkan "Kirim pesan WhatsApp ke nama kontak yang dituju".

3. Pastikan nama yang diucapkan benar dan tersimpan di kontak perangkat.

4. Google Assistant secara otomatis akan memunculkan opsi Pop-up berisi nama kontak.

5. Setelah Pop-up tersebut muncul, silakan untuk mengucapkan kalimat pesan yang ingin dikirim.

6. Platform Assistant akan secara otomatis menulis sesuai suara yang diucapkan oleh pengguna.

7. Apabila pesan yang ingin dikirimkan sudah masuk pada kolom chat Google Assistant silakan ucapkan "Kirim". Maka platform tersebut akan secara otomatis mengirimkan pesan yang disampaikan.

8. Pastikan pesan telah terkirim dengan membuka aplikasi WhatsApp.

Cara mudah kirim pesan WhatsApp tanpa ngetik, pakai Google Assistant

foto: Liputan6.com

Itulah beberapa langkah mudah untuk mengirimkan sebuah pesan WhatsApp tanpa harus mengetik. Namun perlu digaris bawahi aplikasi tersebut tidak dapat digunakan untuk mengirimkan pesan di kolom grup WhatsApp.


(brl/guf)