9 Langkah mudah amankan WhatsApp Web agar tidak diintip orang

9 Langkah mudah amankan WhatsApp Web agar tidak diintip orang

Techno.id - WhatsApp memang platform untuk berkomunikasi secara online yang diandalkan banyak pengguna gadget. Ada banyak fitur yang bisa dipakai agar berkirim pesan maupun melakukan panggilan lebih seru. WhatsApp atau sering disingkat menjadi WA juga memiliki fitur WhatsApp Web. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengkoneksikan akun WhatsApp melalui mesin peramban yang digunakan. Artinya WhatsApp dapat diakses lebih dari 1 perangkat.

WhatsApp Web biasanya dibuka saat pengguna memakai PC atau laptop. Pengguna akan mendapatkan kepraktisan dan notifikasi lebih cepat saat akun WA terkoneksi dengan laptop. Dengan begitu apabila terdapat pesan penting yang masuk, pengguna langsung dapat meresponnya tanpa perlu berganti perangkat.

WhatsApp Web yang digunakan pada PC atau laptop memiliki keunggulan dengan tampilan lebih besar. Namun sayangnya hal tersebut memberikan sedikit kelemahan. Bisa saja terdapat orang kepo yang bisa membaca isi pesan pengguna karena layar besar pada perangkat PC atau laptop.

Walaupun WhatsApp telah memiliki perlindungan code enkripsi end-to-end, namun pengguna perlu berhati-hati saat menggunakan WhatsApp Web. Jangan sampai isi pesan yang syarat akan privasi malah tercemar akibat pengguna teledor dalam mengguna WhatsApp Web. Terlebih saat ini banyak orang tidak tidak bertanggung jawab dengan mengintip pesan seseorang melalui WhatsApp Web.

Lalu bagaimana cara mengatasi atau mencegah agar orang tidak mengintip pesan WhatsApp Web? Memang pihak developer WhatsApp yaitu Meta belum mengeluarkan fitur yang dapat mengatasi hal tersebut. Namun ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar WA Web tidak diintip, yaitu menggunakan extension Google Chrome WhatsApp Web Plus.

9 Langkah mudah amankan WhatsApp Web agar tidak diintip orang

foto: pixabay.com

WhatsApp Web Plus memiliki fitur untuk memberikan blur terhadap pesan yang masuk maupun keluar. Tidak hanya pesan, kontak WA yang tersimpan juga dapat di blur dengan ekstensi tersebut. Dengan fitur blur tersebut, orang lain yang berusaha mengintip percakapan pengguna akan kesusahan bahkan tidak dapat membacanya.

WhatsApp Web Plus juga memiliki fitur unik lain seperti menyembunyikan apabila sedang mengetik, hingga menyembunyikan status online. Lalu bagaimana cara mengaktifkan platform tersebut agar bisa memblurkan pesan WhatsApp? Kali ini techno.id pada Senin (8/8) akan memberikan 9 Langkah mudah amankan WhatsApp Web agar tidak diintip orang yang dirangkum dari berbagai sumber.

9 Langkah mudah amankan WhatsApp Web agar tidak diintip orang

foto: pixabay.com

1. Silakan buka browser Google Chrome pada perangkat yang digunakan.
2. Setelah itu klik mene yang ditunjukan dengan tiga titik pada sudut kanan atas. Pilih opsi More Tools dan klik Extensions.
3. Pengguna secara otomatis akan dibawa ke menu ekstensi. Pada tab tersebut silakan untuk klik menu hamburger pada bagian sudut kiri atas, kemudian klik Open Chrome Web Store.
4. Setelah Web Store terbuka, silakan untuk mengetikan "WA Web Plus" pada kolom pencarian.
5. Pilih hasil paling atas atau "WA Web Plus for WhatsApp"
6. Setelah itu klik opsi Add to Chrome agar platform tersebut dapat terinstal. Tunggu hingga proses install WA Web Plus selesai.
7. Apabila proses instalasi selesai, maka akan muncul ikon plus berwarna hijau yang muncul pada toolbar browser.
8. Klik ikon tersebut dan pengguna akan masuk pada laman WhatsApp Web. Kemudian lakukan klik ikon kembali agar menu costum WA Web Plus terbuka.
9. Agar pesan dan kontak dapat di blur, silakan untuk mencentang pilihan "Blur recent messenger", "Blur contacts names", Blur contacts photos", "Blur conversation messages". Setelah pilihan tersebut aktif, maka secara otomatis sistem akan melakukan pemburaman sesuai perintah pengguna.

9 Langkah mudah amankan WhatsApp Web agar tidak diintip orang

foto: pixabay.com

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan agar privasi saat menggunakan WhatsApp Web terjaga. Namun perlu diketahui bersama, bahwa WhatsApp Web Plus merupakan hasil modifikasi pihak ketiga. Artinya pihak developer WhatsApp tidak memiliki sangkut paut dengan platform tersebut. Oleh karena itu pengguna perlu berhati-hati dalam menggunakan ekstensi tersebut. Terlebih pihak Meta selaku developer WhatsApp tidak menganjurkan menggunakan WA versi modifikasi.


(brl/guf)