9 Langkah merekam panggilan WhatsApp di smartphone, cepat dan aman

9 Langkah merekam panggilan WhatsApp di smartphone, cepat dan aman

Techno.id - Berkat adanya teknologi jaringan internet, seseorang dapat melakukan komunikasi dengan lebih mudah dan cepat. Berbeda dengan dahulu saat internet tidak secepat sekarang, seseorang hanya dapat berkomunikasi melalui panggilan telepon prabayar maupun telepon kabel. Saat ini seseorang dapat melakukan panggilan telepon maupun mengirimkan sebuah pesan lebih murah hanya karena tersambung internet.

Melakukan komunikasi jarak jauh sangat gampang dilakukan. Terlebih ada berbagai platform yang menyediakan layanan untuk melakukan panggilan secara gratis. Cukup pengguna tersambung dengan internet maka berkomunikasi seakan tidak ada batasan ruang maupun waktu. Salah satu aplikasi yang menyediakan layanan tersebut ialah WhatsApp.

WhatsApp merupakan sebuah wadah yang cukup andal digunakan untuk berkomunikasi. Platform yang sekarang dikelola oleh Meta tersebut memiliki segudang fitur menarik. Bahkan Meta selalu memberikan update fitur terbaru untuk menjawab permintaan pengguna.

WhatsApp atau dapat disingkat WA sering digunakan untuk melakukan panggilan telepon. Akan tetapi di satu sisi platform tersebut tidak memiliki fitur untuk melakukan perekaman panggilan. Seperti diketahui bersama, merekam panggilan telepon kadang kala sangat berguna. Seperti seseorang yang sedang menerangkan materi tertentu atau rapat kerja juga memerlukan perekaman panggilan.

9 Langkah merekam panggilan WhatsApp di smartphone, cepat dan aman

foto: pixabay.com

Bagi kamu yang ingin merekam panggilan di WhatsApp bisa dilakukan dengan mudah. Kali ini techno.id pada Selasa (26/7) akan membagikan 9 langkah merekam panggilan WhatsApp di smartphone yang dirangkum dari berbagai sumber. Yuk simak dan ikuti langkah berikut ini.

Namun perlu digaris bawahi, agar WhatsApp dapat merekam panggilan perlu adanya aplikasi pihak ketiga. Memang ada banyak platform yang bisa digunakan. Tetapi kali ini techno.id menggunakan aplikasi Call Recorder Cube ACR. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Google Play Store secara gratis.

9 Langkah merekam panggilan WhatsApp di smartphone, cepat dan aman

foto: play.google.com

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut langkah yang bisa kamu lakukan untuk merekam panggilan WhatsApp:

1. Silakan download aplikasi Call Recorder Cube ACR di Google Play Store maupun App Store.
2. Kemudian instal aplikasi yang telah selesai di unduh dan buka aplikasi
3. Setelah aplikasi terbuka, pada halaman utama akan muncul beberapa opsi persetujuan akses penyimpanan, mikrofon, hingga daftar kontak
4. Silakan untuk memberikan izin kepada aplikasi tersebut. Secara otomatis pengguna menyetujui aplikasi tersebut untuk dapat mengakses perangkat yang digunakan
5. Setelah memberikan izin akses aplikasi, klik tombol "Grant Permissions" pada bagian bawah layar
6. Buka aplikasi WhatsApp lalu hubungi kontak yang akan di telepon 7. Saat aplikasi digunakan akan muncul tombol pintasan cepat atau pop-up Call Recorder Cube ACR di sisi tengah layar
8. Saat pintasan tersebut muncul, ketuk ikon mikrofon untuk mulai merekam panggilan suara
9. Kamu juga dapat membuka pengaturan aplikasi Call Recorder Cube ACR, lalu aktifkan opsi "Ignore VoIP-Support Check" dan "Force in-call mode apabila aplikasi belum dapat merekam panggilan.

9 Langkah merekam panggilan WhatsApp di smartphone, cepat dan aman

foto: play.google.com

Itulah langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan rekaman panggilan di WhatsApp. Namun perlu ditekankan saat merekam panggilan perlu ada izin dari semua pihak. Jangan sampai ada tindakan melanggar hukum akibat merekam panggilan WhatsApp secara sembarangan. Selamat mencoba!


(brl/guf)