WhatsApp Android dapat fitur baru yang mempermudah kamu menemukan pesan lama berdasarkan tanggal

WhatsApp Android dapat fitur baru yang mempermudah kamu menemukan pesan lama berdasarkan tanggal

Techno.id - Pengguna WhatsApp di Android baru saja mendapatkan akses ke fitur yang telah digunakan pemilik iPhone yakni kemampuan untuk menelusuri percakapan berdasarkan tanggal. Artinya, pengguna Android kini akan lebih mudah mencari obrolan lama. Fitur baru ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg di saluran WhatsApp-nya.

Untuk menggunakannya, buka salah satu obrolan kamu, lalu ketuk tiga titik (kanan atas) dan Cari. Kamu kemudian akan melihat ikon kalender di sudut kanan atas, yang dapat kamu ketuk untuk beralih ke pesan yang dikirim dan diterima pada hari tertentu. Kamu juga dapat mengetuk nama percakapan di bagian atas untuk menemukan opsi Pencarian.

Ini sangat mirip dengan cara kerja fungsi fitur cari berdasarkan tanggal di platform lain. Sayangnya Android tertinggal dalam hal ini. Padahal WhatsApp untuk web saja sudah menawarkan opsi untuk mencari melalui obrolan berdasarkan tanggal.

Fitur pencarian pesan berdasarkan tanggal sangat berguna jika kamu ingin membaca kembali sebuah pesan lama. Artinya, dengan fitur ini, menelusuri percakapan pribadi kamu menjadi lebih mudah.

Cara menggunakannya

WhatsApp Android dapat fitur baru yang mempermudah kamu menemukan pesan lama berdasarkan tanggal foto: whatsapp

Fitur pencarian berdasarkan tanggal telah dirilis secara bertahap untuk perangkat Android, dan sudah tersedia di iOS, desktop Mac, serta WhatsApp Web. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah mudah berikut ini.

1. Klik suatu percakapan.

2. Ketuk nama kontak atau grup pada bagian atas.

3. Klik Cari untuk membaca pesan pada tanggal yang kamu inginkan.

Kamu juga dapat menelusuri percakapan WhatsApp untuk mencari media, tautan, dan dokumen. Fitur ini sangat praktis untuk menemukan foto tertentu yang pernah kamu kirimkan ke grup.

1. Klik suatu percakapan.

2. Ketuk kontak atau nama grup pada bagian atas.

3. Pilih 'Tautan Media dan Dokumen' untuk melihat media, tautan, atau dokumen yang kamu inginkan.

Fitur baru ini tentu saja merupakan tambahan yang berguna dan disambut baik pengguna WhatsApp di Android, karena dapat menghemat banyak pengguliran.

(brl/red)