9 Cara berkirim pesan yang lebih aman dengan WhatsApp, nomor 1 paling penting

9 Cara berkirim pesan yang lebih aman dengan WhatsApp, nomor 1 paling penting

Techno.id - Banyak orang berbagi pemikiran dan informasi pribadi mereka melalui aplikasi perpesanan, seperti WhatsApp. Aplikasi perpesanan ini memberikan perlindungan otomatis dengan enkripsi end-to-end, sehingga memastikan hanya pengirim dan penerima pesan yang bisa membacanya.

Nah dalam rangka memeringati Safer Internet Day pada 6 Februari, berikut ini beberapa langkah tambahan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan percakapan kamu.

1. Gunakan verifikasi dua langkah untuk melindungi akun kamu

Aktifkan fitur verifikasi dua langkah untuk semakin melindungi akun WhatsApp kamu. Setelah diaktifkan, kamu akan diminta untuk memasukkan PIN 6 digit saat melakukan reset atau verifikasi akun. Langkah ini akan memberikan perlindungan ekstra terhadap potensi serangan phishing dan upaya pemalsuan akun dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Selalu gunakan aplikasi WhatsApp resmi

9 Cara berkirim pesan yang lebih aman dengan WhatsApp, nomor 1 paling penting foto: whatsapp

Pastikan kamu menggunakan versi terbaru dari aplikasi resmi WhatsApp untuk memastikan keamanan dan privasi pesan. Pastikan logo terlihat dengan benar, dan nama aplikasinya hanya tertulis WhatsApp. Aplikasi palsu dapat menimbulkan risiko keamanan, seperti pengiriman spam dan melakukan penipuan terhadap orang lain tanpa sepengetahuan kamu. Jika kamu menggunakan Android dan ingin memiliki dua akun di ponsel, kini kamu bisa menambahkan akun ke-dua di satu aplikasi resmi.

3. Lindungi informasi sensitif dengan opsi pesan sementara

9 Cara berkirim pesan yang lebih aman dengan WhatsApp, nomor 1 paling penting foto: whatsapp

Untuk meningkatkan privasi dalam pengalaman pengiriman pesan, kamu dapat memilih opsi Sekali Lihat saat mengirim foto dan media. Fitur ini memungkinkan penerima melihat pesan hanya sekali, tanpa opsi untuk menyimpan, meneruskan, mengambil screenshot, atau berbagi pesan tersebut ke orang lain. Fitur Sekali Lihat juga tersedia untuk catatan suara dengan memungkinkan penerima untuk mendengarkan catatan suara hanya sekali saja. Mematikan laporan dibaca dan menggunakan pesan sementara merupakan beberapa fitur lainnya yang dapat melindungi percakapan penting kamu.

4. Lindungi percakapan pribadi kamu dengan kunci chat

9 Cara berkirim pesan yang lebih aman dengan WhatsApp, nomor 1 paling penting foto: whatsapp

Dengan fitur Kunci Chat, kamu dapat menambahkan lapisan keamanan tambahan pada percakapan privat. Fitur ini menyimpan obrolan tertentu ke dalam folder khusus dan hanya kamu yang bisa akses. Selain itu, kamu juga bisa membuat kata sandi khusus yang berbeda dari kata sandi perangkat kamu untuk melindungi obrolan yang mengandung informasi pribadi atau keuangan. Jika ada orang lain yang mengakses ponsel kamu, fitur Kunci Chat akan menjaga percakapan kamu aman dari pengintaian.

5. Jadi admin terbaik untuk grup atau komunitas

9 Cara berkirim pesan yang lebih aman dengan WhatsApp, nomor 1 paling penting foto: whatsapp

Sebagai admin, kamu dapat menjaga agar grup atau komunitas WhatsApp menjadi tempat untuk berinteraksi dan menjalin percakapan yang bermakna. Kamu bisa menentukan siapa yang bisa bergabung, membatasi izin anggota untuk mengubah subjek, ikon, atau deskripsi komunitas, bahkan menghapus pesan yang tidak diinginkan atau mengeluarkan anggota.

6. Lindungi diri dari penipuan

Penipuan dapat terjadi di mana saja, termasuk melalui panggilan, email, atau pesan. Langkah pertama yang dapat diambil untuk melindungi diri adalah berhenti sejenak dan berpikir. Jika kamu menerima pesan mencurigakan yang meminta informasi pribadi, penting untuk memastikan apakah kamu mengenal kontak tersebut, memiliki grup yang sama dengannya, atau bahkan berasal dari negara tempat tinggal kamu.

WhatsApp memberikan opsi untuk langsung memblokir kontak yang tidak dikenal. Selain itu, kamu dapat dengan mudah melaporkan dan memblokir kontak yang mencurigakan untuk menjamin keamanan akun kamu.

7. Bisukan penelepon tidak dikenal

9 Cara berkirim pesan yang lebih aman dengan WhatsApp, nomor 1 paling penting foto: whatsapp

Panggilan dari nomor yang tidak dikenal dapat mengganggu. WhatsApp memungkinkan kamu untuk membisukan penelepon yang tidak dikenal. Fitur ini secara otomatis dapat mencegah spam dan panggilan spam.

8. Hanya tautkan perangkat dari sumber terpercaya

WhatsApp memberikan kemudahan untuk menautkan hingga empat perangkat ke ponsel utama kamu untuk memungkinkan pengalaman percakapan tanpa hambatan. Namun, ketika menghubungkan perangkat kamu ke desktop menggunakan kode QR, pastikan kamu memasukkan URL web.whatsapp.com atau mengunduh aplikasi resmi dari whatsapp.com/download, atau App Store.

Kamu juga dapat melihat perangkat yang terhubung dengan membuka Pengaturan > Perangkat yang Terhubung dan memilih untuk keluar dari perangkat yang tidak dikenali.

9. Lakukan pemeriksaan privasi

9 Cara berkirim pesan yang lebih aman dengan WhatsApp, nomor 1 paling penting foto: whatsapp

Jika kamu bingung mengenai pengaturan privasi mana yang sebaiknya digunakan, lakukan pemeriksaan privasi di aplikasi WhatsApp. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui lebih lanjut tentang fitur-fitur yang dapat menjaga agar percakapan kamu tetap aman, serta dapat mengaktifkan fitur-fitur yang kamu butuhkan, secara praktis dalam satu tempat yang sama.

(brl/red)