5 Aplikasi perpesanan pribadi terbaik di Android tahun 2024, utamakan privasi pengguna

5 Aplikasi perpesanan pribadi terbaik di Android tahun 2024, utamakan privasi pengguna

Techno.id - Aplikasi perpesanan merupakan platform yang cukup banyak digunakan pengguna. Selain mudah, masalah privasi menjadi pertimbangan bagi banyak orang untuk memakai aplikasi berbagi pesan.

Terlebih sebagian besar aplikasi perpesanan menggunakan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end), memastikan bahwa pesan kamu dikirimkan dengan aman dan hanya dapat diakses oleh penerima yang dituju.

Di samping itu, fitur yang disediakan aplikasi juga beragam sehingga pengguna merasa lebih nyaman saat berinteraksi dengan pengguna lain. Berikut adalah lima aplikasi perpesanan pribadi untuk dicoba pada tahun 2024.

1. Signal

5 Aplikasi perpesanan pribadi terbaik di Android tahun 2024, utamakan privasi pengguna foto: signal

Signal adalah aplikasi perpesanan sumber terbuka dan gratis yang dimiliki Signal Foundation nirlaba.Karena menghasilkan keuntungan bukan bagian dari persamaan Signal, aplikasi ini tidak memiliki alasan untuk mengumpulkan data pengguna.

Pesan yang kamu kirim melalui Signal diamankan oleh Protokol Signal, yang menggunakan enkripsi canggih dan dianggap sebagai standar emas industri. Ini berarti tidak seorang pun, bahkan Signal, yang dapat membaca atau mengakses pesan kamu.

Semua komunikasi yang dilakukan melalui Signal dienkripsi secara default, sehingga kamu dapat melakukan panggilan audio dan video dengan aman, mengirim pesan, foto, file, dan sebagainya. Hanya ada satu masalah, Signal tidak sepopular aplikasi perpesanan umum, sehingga sebagian besar kontak kamu tidak menggunakannya.

2. Telegram

5 Aplikasi perpesanan pribadi terbaik di Android tahun 2024, utamakan privasi pengguna foto: telegram

Telegram adalah pilihan yang bagus jika kamu mencari aplikasi perpesanan pribadi untuk Android yang memiliki fitur tipe media sosial. Sebagai pengguna, kamu dapat bergabung dengan semua jenis saluran dan berkomunikasi dengan individu yang berpikiran sama. Ini bukan tanpa kelemahan, karena ada kemungkinan untuk menemukan disinformasi dan ekstremisme, tetapi platform dengan sedikit atau tanpa moderasi cenderung seperti itu.

Kamu dapat menggunakan Telegram untuk mengirim pesan, foto, video, file, berpartisipasi dalam obrolan grup, dan semacamnya. Pada dasarnya, aplikasi ini memiliki semua fitur yang kamu inginkan dari aplikasi perpesanan. Tidak seperti Signal, Telegram tidak dienkripsi ujung ke ujung secara default. Kamu harus mengaktifkan Obrolan Rahasia secara manual di pengaturan untuk mengamankan komunikasi, jadi ingatlah itu.

Namun, Telegram memiliki satu keunggulan utama dibanding Signal, popularitas. Aplikasi ini memiliki lebih dari satu miliar unduhan di Google Play, dibanding 100 juta unduhan Signal. Aplikasi ini juga sepenuhnya gratis, yang menjadikannya pilihan yang tepat bagi siapa saja yang peduli dengan privasi online.

3. Threema

5 Aplikasi perpesanan pribadi terbaik di Android tahun 2024, utamakan privasi pengguna foto: threema

Threema adalah produk yang cukup unik sejauh aplikasi perpesanan pribadi digunakan.Sebagai permulaan, ini tidak gratis. Dibutuhkan biaya satu kali sebesar Rp 93 ribuan untuk menggunakan aplikasi ini. Kamu tidak memerlukan alamat email atau nomor telepon.

Threema dirancang sedemikian rupa untuk meminimalkan semua pengumpulan data, sehingga kontak dan obrolan pun disimpan di perangkat pengguna, bukan di server perusahaan yang berlokasi di Swiss.Secara alami, Threema dienkripsi ujung ke ujung, dan menawarkan fitur yang kamu harapkan, mulai dari perpesanan grup hingga berbagi file dan panggilan suara yang aman.

4. WhatsApp

5 Aplikasi perpesanan pribadi terbaik di Android tahun 2024, utamakan privasi pengguna foto: whatsapp

Meta, perusahaan induk Facebook, Threads, dan Instagram, memiliki reputasi buruk dalam hal privasi. Maklum, selama bertahun-tahun, Meta telah terlibat dalam terlalu banyak skandal, mulai dari kontroversi Cambridge Analytica, hingga masalah berkelanjutan yang dihadapinya dengan regulator Eropa terkait praktik pengumpulan data.

Singkatnya, untuk menjaga privasi, kamu mungkin cenderung menghindari produk Meta. Tapi instant messenger WhatsApp bisa menjadi satu-satunya pengecualian. Semua pesan, video, file, dan panggilan yang dipertukarkan melalui aplikasi dilindungi oleh protokol yang sama yang digunakan Signal, yang berarti WhatsApp bersifat pribadi dalam hal ini.

Asosiasi dengan Meta mungkin membuat beberapa orang berhenti sejenak untuk menggunakan WhatsApp, dan aplikasi tersebut mengumpulkan lebih banyak data daripada Signal, tetapi ini masih merupakan opsi yang layak.Aplikasi ini gratis dan memiliki aplikasi adopsi luas yang kemungkinan besar tidak akan pernah dimiliki Signal dan Telegram.

5. Viber

5 Aplikasi perpesanan pribadi terbaik di Android tahun 2024, utamakan privasi pengguna foto: viber

Viber adalah aplikasi perpesanan gratis dan banyak digunakankarena hadir dengan sejumlah fitur keamanan dan privasi.Semua komunikasi pribadi dan grup di Viber secara inheren dilindungi dengan enkripsi ujung ke ujung, jadi kamu tidak perlu mengotak-atik pengaturan untuk mengaktifkan tingkat keamanan ekstra ini.

Namun, yang dapat kamu lakukan adalah memilih apakah akan membagikan status online kamu, memblokir orang lain, dan menonaktifkan pengumpulan data. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi untuk mengirim pesan yang hilang, berpartisipasi dalam berbagai komunitas yang tidak dienkripsi ujung ke ujung, membuat daftar kontak tepercaya, dan sebagainya.

Kerugiannya, Viber adalah sumber tertutup dan mengumpulkan beberapa data dari pengguna, sebagaimana diuraikan dalam kebijakan privasi aplikasi. Ini termasuk data yang dikumpulkan untuk tujuan periklanan, dan dibagikan dengan berbagai mitra pihak ketiga. Tetapi Viber masih merupakan pilihan yang bagus untuk pengguna Android yang sadar privasi, terutama karena adopsi yang meluas.

(brl/red)