Waspada! Ini 7 Tanda webcam telah diretas, begini cara melindungi privasi kamu

Waspada! Ini 7 Tanda webcam telah diretas, begini cara melindungi privasi kamu

Techno.id - Webcam adalah perangkat keras yang dapat membantu kamu saat melakukan tele-conference. Karena merasa kamera laptop atau smartphone kurang mumpuni, biasanya pengguna menambahkan webcam untuk tampilan lebih baik.

Namun ada kalanya webcam menjadi pintu masuk bagi peretas untuk memata-matai kamu. Nah untuk mengetahui penyebab masalah tersebut dan cara mengatasinya, berikut beberapa faktor yang harus kamu perhatikan untuk melindungi privasi kamu.

1. Lampu kamera menyala secara tidak terduga

Waspada! Ini 7 Tanda webcam telah diretas, begini cara melindungi privasi kamu foto: freepik/eyeem

Indikasi paling jelas bahwa webcam kamu mungkin telah disusupi adalah jika lampu di sebelah webcam menyala secara otomatis. Biasanya, lampu ini tertanam di sirkuit webcam dan berkedip setiap kali kamera dihidupkan. Jika kamu melihat lampu menyala secara tidak terduga, mungkin peretas dapat memata-matai kamu.

Namun, penting untuk diketahui bahwa pada beberapa komputer, lampu webcam tidak terpasang dan dapat dikontrol perangkat lunak, yang memungkinkan peretas mematikan lampu saat mengakses webcam. Dengan demikian, lampu webcam yang tidak menyala tidak selalu menunjukkan bahwa tidak ada yang memata-matai. Kamu harus memperhatikan tanda-tanda lain.

2. Apakah webcam sudah digunakan?

Waspada! Ini 7 Tanda webcam telah diretas, begini cara melindungi privasi kamu foto: howtogeek

Jika kamu mencoba mengakses webcam melalui aplikasi dan menerima pemberitahuan bahwa webcam sudah digunakan, periksa apakah ada aplikasi terbuka yang sedang menggunakannya. Ini bisa berupa aplikasi konferensi video yang kamu gunakan sebelumnya atau aplikasi kamera default di sistem kamu. Tutup aplikasi apa pun yang mungkin menggunakan webcam.

Namun, jika kamu tidak menemukan aplikasi apa pun yang menggunakan webcam, tetapi sistem masih menunjukkan bahwa aplikasi tersebut sedang digunakan, ini merupakan indikator kuat bahwa webcam mungkin telah disusupi dan digunakan untuk pemantauan tanpa izin. Tetapi aplikasi mana yang menggunakan webcam kamu?

Untuk mengidentifikasi aplikasi mana yang mengakses kamera kamu, klik kanan tombol Mulai dan pilih Pengaturan. Arahkan ke Privasi dan Keamanan, lalu pilih Kamera. Gulir ke bawah dan perluas menu tarik-turun Aktivitas Terbaru untuk melihat daftar aplikasi yang baru saja mengakses kamera kamu.

Jika kamu melihat ada aplikasi yang mencurigakan dalam daftar, temukan dan hapus untuk menghentikan akses tidak sah ke webcam kamu.

3. Periksa akses kamera ke aplikasi yang mencurigakan

Waspada! Ini 7 Tanda webcam telah diretas, begini cara melindungi privasi kamu foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Peretas juga dapat memperoleh akses ke webcam dengan memasang spyware di perangkat kamu. Salah satu cara untuk mendeteksinya adalah dengan memeriksa aplikasi mencurigakan yang baru saja diberi izin untuk mengakses webcam. Jika kamu tidak ingat pernah menginstal aplikasi tersebut atau memberikan izin tersebut, itu pertanda kuat bahwa webcam kamu mungkin telah disusupi.

Namun, jika kamu melihat aplikasi asli yang belum pernah kamu gunakan untuk komunikasi video dalam daftar, bukan berarti aplikasi tersebut memantau aktivitas kamu secara diam-diam. Bisa jadi karena aplikasi tersebut memiliki fitur komunikasi video, dan kamu mungkin telah memberinya akses ke webcam saat menjalankannya sebelumnya atau saat pertama kali menginstalnya.

Untuk meninjau daftar aplikasi dengan akses kamera di Windows, buka aplikasi Pengaturan dan navigasikan ke Privasi dan Keamanan > Kamera. Jika kamu menemukan aplikasi yang mencurigakan dalam daftar, cabut izin aksesnya dan copot pemasangannya.

Demikian juga, di macOS, kamu dapat memeriksa daftar aplikasi dengan akses webcam dengan membuka Pengaturan Sistem dan menavigasi ke Privasi dan Keamanan > Kamera. Dari sana, nonaktifkan akses kamera untuk aplikasi apa pun yang tidak kamu kenali dan hapus instalan aplikasi yang tidak kamu ingat pernah diinstal.

4. Lampu kamera menyala saat membuka aplikasi asli

Waspada! Ini 7 Tanda webcam telah diretas, begini cara melindungi privasi kamu foto: freepik

Jika lampu kamera langsung menyala saat membuka aplikasi yang sudah dikenal dan tepercaya, seperti browser web, aplikasi tersebut dapat disusupi, dan peretas dapat menggunakannya untuk memata-matai kamu. Jika ini terjadi pada browser kamu, hapus ekstensi pihak ketiga. Jika mematikan ekstensi ini tidak menyelesaikan masalah, hapus instalan dan instal ulang browser sepenuhnya.

Demikian juga, jika kamu mengalami masalah ini dengan aplikasi lain yang seharusnya tidak memiliki akses webcam atau belum diberi izin untuk menggunakannya, segera hapus instalan aplikasi tersebut.

Ingat saja, beberapa aplikasi, terutama yang digunakan untuk konferensi video, memiliki izin untuk mengaktifkan webcam secara otomatis saat kamu membukanya. Jika kamu melihat webcam menyala saat meluncurkan aplikasi ini, itu mungkin bagian dari operasi rutinnya dan bukan merupakan tanda bahwa kamu telah disusupi.

(brl/red)