7 Lifehack menyulap iPhone lama menjadi gadget harian, mudah dan anti ribet

7 Lifehack menyulap iPhone lama menjadi gadget harian, mudah dan anti ribet

Techno.id - Pernah mendengar istilah upgraditis? Ya, ini adalah cara untuk meningkatkan sesuatu yang lama menjadi sedikit lebih baru, meskipun peningkatannya kecil. Nah jika kamu memiliki iPhone lama, mungkin bisa melakukan upgraditis agar bisa tetap berguna untuk berbagai keperluan.

Ada banyak cara agar kamu dapat menggunakan iPhone yang notabene adalah superkomputer kecil yang ada di saku dengan baik untuk dijadikan perangkat tertentu. Berikut adalah beberapa life hacks yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan kembali iPhone lama kamu.

1. Gunakan sebagai perangkat game khusus

7 Lifehack menyulap iPhone lama menjadi gadget harian, mudah dan anti ribet foto: freepik/eyeem

Sistem permainan genggam telah ada sejak lama, dan popularitas perangkat seperti Nintendo Switch dan Steam Deck menunjukkan bahwa keinginan untuk bermain game portabel belum berkurang.

Nah iPhone lama kamu bisa menjadi perangkat game genggam yang luar biasa. Ada ratusan game yang tersedia di App Store, bahkan lebih banyak lagi yang tersedia secara gratis jika kamu memiliki langganan Apple Arkade.

Apalagi sekarang Apple akhirnya mengizinkan emulator game masuk ke App store. Artinya kamu juga dapat menikmati game konsol retro favorit, termasuk game dari konsol klasik seperti NES, SNES, Nintendo DS, dan Nintendo 64. Kamu tinggal menghapus semua aplikasi yang ada dan mengunduh sejumlah game ke dalamnya. Maka, jadilah iPhone kamu sebagai perangkat game genggam.

2. Ubah menjadi headset VR

7 Lifehack menyulap iPhone lama menjadi gadget harian, mudah dan anti ribet foto: freepik/stockking

Jika kamu sudah pernah mencoba game VR, memainkan game di ponsel mungkin terasa agak ketinggalan zaman. Jika demikian, tidak masalah. Kamu dapat mengubah iPhone lama menjadi semacam headset VR. Dengan aplikasi seperti iVRy, kamu dapat memainkan game dari platform VR popular menggunakan iPhone lama, yang akan menampilkan dua gambar di layar kemudian jika dilihat dalam jarak dekat memberikan efek VR.

Untuk menggunakan iPhone lama sebagai headset VR, kamu juga memerlukan sesuatu yang dapat digunakan untuk memegangnya di wajah. Ada produk headset yang dapat kamu beli untuk memasukkan iPhone ke dalamnya. Atau kamu dapat membuatnya sendiri menggunakan karton jika menginginkan pilihan yang murah.

3. Ubah menjadi iPod

7 Lifehack menyulap iPhone lama menjadi gadget harian, mudah dan anti ribet foto: freepik/mangpor2004

Pada tahun 2007, mendiang Steve Jobs menggoda penonton selama pidato utama Macworld-nya dengan mengumumkan bahwa Apple merilis tiga produk baru yang revolusioner. Pertama adalah iPod layar lebar dengan kontrol sentuh, yang kedua adalah ponsel revolusioner, dan yang ketiga adalah perangkat komunikasi internet. Tentu saja, ternyata ketiga produk tersebut adalah produk yang sama, iPhone.

Meskipun banyak yang telah berubah selama bertahun-tahun, iPhone masih menyertakan tiga komponen penting tersebut hingga hari ini. Artinya, iPhone lama kamu masih dapat digunakan sebagai iPod khusus.

Kamu dapat melakukan streaming musik menggunakan Apple Music, atau dapat mengunduh musik ke iPhone jika ingin menggunakannya secara offline. Kamu juga dapat mendengarkan layanan streaming lainnya, seperti Spotify, Deezer, atau Tidal. Jika iPhone kamu sudah cukup tua, kamu bahkan mungkin memiliki earphone yang menyertainya juga. Jika tidak, Apple membuat beberapa earbud nirkabel yang cukup bagus.

4. Ubah menjadi remote

7 Lifehack menyulap iPhone lama menjadi gadget harian, mudah dan anti ribet foto: freepik

Jika remote perangkat baik untuk TV, Apple TV, sistem suara surround hilang, iPhone lama kamu berpotensi menggantikan semua remote tersebut. iPhone bahkan dengan mudah digunakan sebagai remote Apple TV. Malah, kamu bisa menggabungkan semua remote hanya ke iPhone lama.

Aplikasi remote di iPhone dapat diakses dari Pusat Kontrol dengan sapuan cepat, dapat digunakan untuk mengontrol Apple TV, bahkan mungkin dapat menghidupkan dan mematikan TV biasa. Ada juga aplikasi dan blaster IR yang memungkinkan kamu menggunakan iPhone sebagai remote all-in-one yang dapat mengontrol beberapa perangkat berbeda.

(brl/red)