5 Cara menggunakan kembali ponsel Android lama sebagai gadget multifungsi, dari webcam sampai emulator

5 Cara menggunakan kembali ponsel Android lama sebagai gadget multifungsi, dari webcam sampai emulator

Techno.id - Saat kamu berniat untuk membeli ponsel cerdas baru, lantas apa yang akan kamu lakukan dengan yang lama? Dijual kembali atau diberikan kepada orang lain? Nah jika kamu ingin tetap menyimpan ponsel lama karena nilai sentimentil, sebaiknya tidak diletakkan di dalam lemari.

Ada baiknya manfaatkan ponsel cerdas lama kamu untuk keperluan lain agar tidak menjadi tumpukkan barang bekas. Berikut beberapa cara terbaik untuk menggunakan kembali ponsel Android lama kamu untuk dijadikan gadget multifungsi.

1. Jadikan kamera serba guna

5 Cara menggunakan kembali ponsel Android lama sebagai gadget multifungsi, dari webcam sampai emulator foto: techno.id/yani andriyansyah

Salah satu cara paling umum untuk menggunakan kembali ponsel cerdas lama adalah mengubahnya menjadi kamera. Ternyata, ada beberapa cara untuk menggunakan kamera di ponsel Android lama.

Misalnya, dengan aplikasi seperti Alfred akan memungkinkan ponsel cerdas lama kamu sebagai kamera keamanan. Versi gratis dari aplikasi ini sudah cukup untuk membantu kamu memulai dan memberi fitur seperti streaming langsung serta deteksi gerakan. Namun, kamu harus siap dengan tayangan iklan jika menggunakan aplikasi ini.

Jika kamu siap biaya berlangganan, kamu bisa mengubah ponsel cerdas lama menjadi kamera keamanan bonafide lengkap dengan perekaman HD, penyimpanan cloud, zona deteksi, dan banyak lagi.

Tapi itu bukan satu-satunya kasus penggunaan berbasis kamera untuk ponsel cerdas. Aplikasi Droid Dashcam dapat mengubah ponsel Android lama kamu menjadi dashcam untuk mobil. Aplikasi ini menyertakan beberapa pembelian dalam aplikasi untuk membuka fungsionalitas penuh. Tetap saja, merekam video dengan penanda kecepatan berbasis GPS, stempel waktu, perekaman latar belakang, dan kemampuan untuk mengunci video jika terjadi benturan merupakan hal yang mudah. Seperti dashcam asli, aplikasi ini dapat secara otomatis menghapus file video lama saat kehabisan penyimpanan. Satu-satunya kerugian menggunakan ponsel sebagai kamera dasbor adalah ukurannya yang tipis, tetapi dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Selain itu ada banyak aplikasi Android yang dapat berfungsi sebagai monitor bayi. Dengan menggunakan aplikasi BabyCam, kamu bisa mengatur ponsel cerdas lama pada sudut yang nyaman, colokkan kabel pengisi daya, dan instal aplikasi di ponsel. Instal aplikasi yang sama di ponsel baru kamu. Sekarang, kamu dapat mengawasi anak, mendengarkan, dan bahkan menggunakan aplikasi untuk menyimpan foto atau video lucu anak kamu.

Ponsel cerdas lama kamu juga bisa berfungsi menjadi webcam. Meskipun Google telah menjadikan fitur ini sebagai bagian dari Android 14, kemungkinan ponsel cerdas lama kamu menjalankan Android versi terbaru. Jadi, gunakan aplikasi sebagai gantinya. Camo adalah salah satu solusi terbaik untuk mengubah ponsel cerdas menjadi webcam. Aplikasi ini dapat menggunakan salah satu kamera di ponsel, mendukung mode potret, dan juga dapat digunakan secara nirkabel. Selain itu, aplikasi ini mendukung resolusi inggi 1080p, memastikan bahwa streaming video kamu berkualitas setinggi mungkin.

2. Pemutar musik khusus

5 Cara menggunakan kembali ponsel Android lama sebagai gadget multifungsi, dari webcam sampai emulator foto: techno.id/yani andriyansyah

Salah satu kasus penggunaan favorit untuk ponsel cerdas Android lama adalah menggunakannya sebagai pemutar musik. Kamu bisa meletakkannya di samping tempat tidur, sehingga kamu bisa mendengarkan musik sebelum tidur. Kamu juga selalu memperbarui ponsel dengan beberapa daftar putar favorit. Dengan begitu kamu bisa menjadikan ponsel lama sebagai pengganti Spotify.

3. Alat autentifikasi 2 faktor khusus

5 Cara menggunakan kembali ponsel Android lama sebagai gadget multifungsi, dari webcam sampai emulator foto: freepik/techno.id/yani andriyansyah

Autentifikasi dua faktor adalah salah satu cara paling aman untuk menjaga layanan online kamu agar terlindung dari akses yang tidak diinginkan. Tetapi kecuali menggunakan pengautentifikasi seperti Authy yang menyimpan cadangan kode kamu secara online, satu-satunya salinan kode kamu adalah yang ada di ponsel cerdas.

Kamu bisa menggunakan telepon cadangan sebagai pengautentifikasi sekunder. Dengan BOTP disiapkan di ponsel cadangan, kamu selalu memiliki cara kedua untuk masuk. Selain itu, kamu bisa menyimpan daftar kode cadangan dengan aman di telepon.

4. Konsol emulator

5 Cara menggunakan kembali ponsel Android lama sebagai gadget multifungsi, dari webcam sampai emulator foto: freepik/zlatko-plamenov

Jika kamu suka bermain game retro vintage, kamu bisa menggunakan Chrono Trigger versi SNES melalui remaster HD pada ponsel cerdas Android lama agar bisa menjadi konsol emulasi khusus. Ponsel apa pun yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir dapat memainkan game dengan nyaman hingga PlayStation Portable dengan peningkatan skala.

Faktanya, kamu bahkan dapat memainkan judul PlayStation 2 di ponsel cerdas jika cukup kuat. Kamu juga bisa memasangkan ponsel ponsel cerdas dengan pengontrol PlayStation DualSense 5 untuk kontrol berukuran penuh. Kamu juga bisa menggunakan pengontrol teleskopik seperti Razor Kishi untuk membuat Nintendo Switch bertema retro kamu sendiri.

5. Bingkai foto digital

5 Cara menggunakan kembali ponsel Android lama sebagai gadget multifungsi, dari webcam sampai emulator foto: techno.id/yani andriyansyah

Kamu bisa menjadikan ponsel dan tablet Android lama sebagai bingkai foto digital dengan aplikasi Fotoo. Aplikasi ini berfungsi dengan penyimpanan lokal dan cloud dan dapat memamerkan foto favorit dengan segala kemegahannya.

Selain itu, ada banyak opsi, termasuk kemampuan untuk menampilkan tanggal, waktu, dan cuaca sebagai hamparan. Selain itu juga dimungkinkan untuk menyesuaikan hal-hal seperti urutan foto, transisi, dan memutar musik latar juga. Sangat mudah untuk mengatur aplikasi agar diluncurkan saat boot, memastikannya siap digunakan setiap kali kamu menghidupkan ponsel.

Itu adalah beberapa cara menggunakan ponsel Android lama. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa ditemukan, misalnya, menggunakan ponsel lama sebagai remote TV pintar. Atau menjalankan server pencetakan 3D di atasnya. Kemungkinannya tidak terbatas.

(brl/red)