Spotify umumkan Jam, fitur baru untuk mendengarkan musik kolaboratif, begini cara menggunakannya

Spotify umumkan Jam, fitur baru untuk mendengarkan musik kolaboratif, begini cara menggunakannya

Techno.id - Hari ini, Spotify mengumumkan peluncuran fitur sosial barunya yang disebut Jam. Fitur ini dirancang untuk digunakan secara real-time di mana pengguna gratis dan premium dapat berkontribusi pada daftar putar. Mereka juga dapat menarik dari semua preferensi mendengarkan peserta untuk menemukan saran lagu yang sesuai dengan selera semua orang.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna aplikasi Spotify versi terbaru dapat memulai sesi Jam dengan mengundang sekelompok teman atau keluarga. Begini caranya.

1. Klik ikon speaker di bagian bawah layar, atau menu tiga titik, dan memilih Mulai Jam. Fitur ini juga akan meminta siapa pun yang menggunakan Wi-Fi bersama dengan Spotify terbuka untuk bergabung dalam Jam.

2. Untuk mengundang peserta lain, tuan rumah dapat menggunakan Bluetooth dan mengetuk ponsel secara bersamaan, mirip dengan fitur NameDrop baru dari Apple yang disertakan dengan iOS 17.

3. Meminta teman untuk memindai kode QR di layar tuan rumah, atau membagikan tautan melalui media sosial, teks, SMS, dan lainnya.

Spotify umumkan Jam, fitur baru untuk mendengarkan musik kolaboratif, begini cara menggunakannya

Baik pengguna gratis maupun premium dapat bergabung dengan Jam. Namun pengguna premium mendapatkan kemampuan untuk memulai Jam serta bergabung dari mana saja di seluruh dunia.

Setiap orang dapat menambahkan lagu, melihat siapa yang telah menambahkan setiap lagu, menerima rekomendasi di perangkat mereka masing-masing. Tetapi hanya tuan rumah yang memiliki kemampuan menentukan siapa yang ada di Jam, mengubah urutan yang sedang berjalan, atau menghapus lagu.

Fitur ini semakin memperluas pengalaman kolaboratif Spotify, membuat penggunaan aplikasi dan mendengarkan musik menjadi lebih sosial. Fitur ini semakin memperkaya menu kolaboratif setelah Blend yang diluncurkan pada tahun 2021, dan penggunaan Daftar Putar Kolaboratif yang semakin meningkat sejak pandemi Covid-19 dimulai.

Fitur ini sekaligus memperlihatkan bahwa Spotify terus berinovasi dalam menghadapi persaingan dari Apple Music dan lainnya sehingga selalu berada di atas angin.

(brl/red)