8 Tips dan trik untuk membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama

8 Tips dan trik untuk membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama

Techno.id - Masa pakai baterai yang tahan lama di ponsel cerdas sangat penting. Kamu pasti tak ingin selalu diselimuti kekhawatiran baterai akan cepat drop sehingga mengganggu pengalaman menggunakan smartphone, termasuk iPhone.

Apalagi jika kamu tidak selalu mendapat akses sumber listrik untuk mengisi daya. Maka ketahanan daya baterai menjadi keniscayaan. Karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan baterai agar masa pakainya bisa lebih lama.

Jika merasa iPhone kamu tidak bertahan selama dulu, ikuti tips di bawah ini untuk memperpanjang masa pakainya sekaligus menghindari kerusakan agar baterai mendapatkan hasil maksimal dari setiap pengisian daya.

1. Matikan penyegaran latar belakang

8 Tips dan trik untuk membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto:pexels/photomix company

Aplikasi iPhone cenderung disegarkan secara otomatis agar kamu selalu siap untuk meluncurkannya. Meskipun hal tersebut membantu, namun opsi tersebut dapat menghabiskan baterai di latar belakang. Bayangkan berapa banyak baterai yang akan digunakan jika ponsel kamu penuh dengan aplikasi.

Mematikan penyegaran aplikasi latar belakang tidak apa-apa karena mereka selalu dapat menyegarkan saat diluncurkan. Caranya dengan membuka fitur Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang (lagi) dan pilih Nonaktif.

2. Batasi layanan lokasi

8 Tips dan trik untuk membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Layanan lokasi adalah hal lain yang berjalan di latar belakang yang menghabiskan baterai tanpa kamu sadari. Kamu akan menghabiskan banyak baterai dengan selalu membagikan lokasi pada aplikasi tertentu. Karena itu kamu harus mengubahnya menjadi hanya saat kamu menggunakan aplikasi itu.

Buka Pengaturan > Privasi dan lihat daftar aplikasi untuk melihat apakah ada yang menggunakan opsi 'Selalu' di depan namanya. Saat kamu melihatnya, klik dan pilih Saat Menggunakan Aplikasi dari daftar. Jika kamu merasa aplikasi tersebut tidak memerlukan lokasi, jangan ragu untuk memilih Never. Mengatur daftar ini dari waktu ke waktu membantu menghemat banyak baterai dan juga lebih aman terkait privasi.

3. Perhatikan suhu iPhone

8 Tips dan trik untuk membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: freepik/user6724086

Menurut panduan pengguna Apple, iPhone dirancang untuk bekerja dalam suhu antara 0 dan 35 Celcius dan disimpan pada suhu antara -20 dan 45 Celcius). Panduan ini juga menambahkan bahwa masa pakai baterai iPhone dapat dipersingkat jika disimpan atau dioperasikan di luar rentang suhu tersebut.

Artinya, untuk mengoptimalkan kinerja iPhone, kamu perlu memperhatikan suhunya. Jika kamu berada di luar dalam cuaca dingin, simpan sehangat mungkin di dalam saku jaket. Jika sedang mengisinya dan merasakannya mulai memanas, keluarkan dari wadahnya (casing) agar bisa bernapas sedikit.

4. Aktifkan mode daya rendah

8 Tips dan trik untuk membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Fitur Mode Daya Rendah mengurangi aktivitas latar belakang seperti pengunduhan otomatis dan pengambilan email serta mengurangi kecepatan refresh tampilan iPhone. Fitur ini membuat iPhone tidak terlalu haus daya. Kamu masih mendapatkan semua notifikasi, daniPhone berfungsi normal.

Mode Daya Rendah aktif secara otomatis saat baterai turun di bawah 20%. Namun, jika kamu ingin mengaktifkannya secara manual, buka Pengaturan > Baterai dan nyalakan sakelar Mode Daya Rendah.

Lebih mudah untuk menambahkan fitur ke Pusat Kontrol. Jadi yang harus kamu lakukan hanyalah menggeser layar ke bawah dan mengklik ikon baterai saat kamu ingin mengaktifkan mode tersebut. Untuk menambahkannya ke Pusat Kontrol, navigasikan ke Pengaturan > Pusat Kontrol dan tekan ikon plus berwarna hijau di sebelah Mode Daya Rendah.

(brl/red)