Penyimpanan smartphone kamu selalu penuh? Ini 6 cara untuk mengosongkannya

Penyimpanan smartphone kamu selalu penuh? Ini 6 cara untuk mengosongkannya

6 Cara mengosongkan penyimpanan internal ponsel

4. Nonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan yang tidak dapat dihapus

Penyimpanan smartphone kamu selalu penuh? Ini 6 cara untuk mengosongkannya foto: freepik/amenic181

Pernah melihat beberapa aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel cerdas dan kamu tidak akan pernah menggunakannya? Namun aplikasi tersebut tidak dapat dihapus. Ada cara untuk meminimalkan berapa banyak ruang yang digunakan.

Sebagian besar aplikasi di ponsel cerdas yang tidak dapat langsung dicopot pemasangannya dapat dinonaktifkan. Ini berlaku untuk banyak aplikasi default yang sudah ada saat kamu pertama kali membeli ponsel, seperti aplikasi game bawaan, aplikasi pelacakan langkah, dan banyak lagi.

Menonaktifkan aplikasi menghentikannya agar tidak berjalan di latar belakang dan membatasi jumlah penyimpanan yang dapat digunakan file cache-nya. Aplikasi semacam itu juga tidak akan lagi menerima pembaruan untuk menghemat penyimpanan.

Kamu dapat menonaktifkan aplikasi hanya dengan menahan jari di atasnya, seperti yang kamu lakukan saat mencopot pemasangan dan mengeklik opsi Nonaktifkan.

5. Kosongkan cache

Penyimpanan smartphone kamu selalu penuh? Ini 6 cara untuk mengosongkannya foto: freepik/grinvalds

Cache dapat datang dalam bentuk perangkat keras atau perangkat lunak, dan fungsinya adalah untuk menyimpan data sehingga permintaan di masa mendatang untuk data tersebut dapat diproses dan disediakan dengan lebih efisien. Tetapi cache juga dapat menyimpan data yang tidak lagi kamu perlukan dan menghabiskan ruang penyimpanan tanpa kamu sadari.

Untuk menghapus cache browser, cukup buka pengaturan browser dan ketuk opsi Hapus riwayat atau Hapus data penelusuran. Di sini, kamu dapat memilih cache dan menghapusnya untuk mengosongkan ruang.

Misalnya, untuk menghapus cache di Chrome, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas aplikasi dan buka Pengaturan > Privasi dan keamanan > Hapus data penelusuran.

Selain cache browser, kamu juga dapat menghapus cache aplikasi di perangkat Android untuk mengosongkan lebih banyak ruang penyimpanan.

6. Periksa file lain-lain

Penyimpanan smartphone kamu selalu penuh? Ini 6 cara untuk mengosongkannya foto: freepik/user16766420

File lain-lain dapat datang dalam berbagai bentuk di penyimpanan internal ponsel cerdas kamu. File semacam itu dapat berhubungan dengan berbagai aspek ponsel cerdas, termasuk aplikasi atau sistem operasi.

Karena itu, kamu tidak boleh hanya menghapus semua file lain-lain, karena mungkin menghapus data penting yang membantu fungsi ponsel cerdas kamu. Sebagai gantinya, lihat file-file ini dan pilih secara manual yang tidak lagi kamu perlukan.

Pertama, buka aplikasi file default ponsel cerdas kamu. Di ponsel Samsung, ini akan menjadi ikon kuning bernama "File Saya". Kemudian, buka Penyimpanan Internal dan lihat file yang kamu lihat di sana. Kamu mungkin melihat file dari aplikasi yang dihapus, catatan suara lama, atau nada dering yang tidak diinginkan. File-file ini mungkin kecil, tetapi semuanya akan bertambah.

Bertahun-tahun tanpa menghapus file lain-lain dapat menyebabkan banyak data menumpuk, jadi menghapus file yang tidak kamu perlukan dapat membantu mengosongkan lebih banyak ruang penyimpanan.

(brl/red)