Penyimpanan smartphone kamu selalu penuh? Ini 6 cara untuk mengosongkannya

Penyimpanan smartphone kamu selalu penuh? Ini 6 cara untuk mengosongkannya

Techno.id - Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada mendapatkan pemberitahuan penyimpanan penuh di ponsel cerdas. Sebab kamu tidak akan dapat mengambil foto atau video dan menginstal aplikasi seperti biasanya. Namun, kamu dapat mengosongkan sebagian penyimpanan ponsel cerdas dengan tips ini.

1. Hapus lagu, podcast, dan video lama

Penyimpanan smartphone kamu selalu penuh? Ini 6 cara untuk mengosongkannya foto: freepik/rawpixel.com

Jika kamu menggunakan aplikasi media dan layanan streaming seperti Spotify dan YouTube yang memungkinkan kamu mengunduh lagu, podcast, atau video, kamu mungkin memiliki file lama yang tidak lagi digunakan tetapi menghabiskan ruang.

Saat mengunduh media dari aplikasi semacam itu, kamu mengunduh media versi lokal dan offline ke ponsel cerdas kamu, yang menghabiskan kapasitas penyimpanan. Beberapa podcast dan video berdurasi berjam-jam, dan akan menghabiskan ruang penyimpanan.

Sangat penting agar sering memeriksa unduhan untuk memastikan kamu tidak menyimpan file berukuran besar. Di Spotify, kamu dapat menghapus lagu dan podcast dari unduhan dengan masuk ke daftar putar, mengeklik tiga titik vertikal di bawah gambar daftar putar, dan memilih Hapus Unduhan. Ini akan menghapus seluruh daftar putar dari unduhan kamu.

Di YouTube, cukup buka daftar putar unduhan kamu, ketuk tiga titik vertikal di sebelah video yang ingin dihapus, dan pilih Hapus dari unduhan.

2. Saring galeri

Penyimpanan smartphone kamu selalu penuh? Ini 6 cara untuk mengosongkannya foto: freepik

Banyak dari kita mengambil foto dan video yang akhirnya tidak kita inginkan tetapi lupa untuk menghapusnya. Baik itu tangkapan layar lama, gambar buram, atau media duplikat. Kamu dapat mengosongkan banyak ruang dengan membersihkan galeri yang berantakan.

Kamu dapat menelusuri album tertentu. Kamu mungkin memiliki album untuk tangkapan layar, album untuk media Instagram, dan sebagainya. Kamu dapat menghapus album ini seluruhnya jika tidak membutuhkannya, yang dapat membuka sedikit penyimpanan. Kamu juga dapat menggulir ke bawah ke foto terlama dan melihat apakah menemukan media lama yang tidak lagi kamu inginkan.

Di folder sampah, kamu juga dapat mengosongkannya agar mendapat ruang ekstra. Saat gambar atau video masuk ke folder sampah, biasanya tetap ada selama 30 hari sebelum dihapus secara permanen. Jika kamu tidak ingin menunggu selama itu, hapus folder secara manual dengan beberapa ketukan.

3. Periksa konten yang diunduh secara otomatis

Penyimpanan smartphone kamu selalu penuh? Ini 6 cara untuk mengosongkannya foto: freepik/imageflow

Beberapa aplikasi media sosial cenderung mengunduh media apa pun yang dikirimkan seseorang kepada kamu ke penyimpanan internal ponsel cerdas secara otomatis. Misalnya, jika seseorang mengirimi kamu video di WhatsApp, ponsel cerdas kamu akan secara otomatis mengunduhnya ke galeri jika pada pengaturan kamu mengizinkannya. Untuk menghindarinya, matikan pengaturan visibilitas media.

Pengaturan ini mungkin terlihat berbeda di aplikasi lain. Misalnya, kamu harus membuka Pengaturan > Foto & media > Simpan foto dan video dan menonaktifkan sakelar di Facebook Messenger untuk menghindari penyimpanan otomatis foto apa pun yang kamu ambil menggunakan aplikasi.

Di Snapchat, kamu harus membuka Pengaturan > Kenangan > Tombol Simpan untuk mengubah pengaturan penyimpanan otomatis. Kamu dapat memilih untuk menyimpan foto hanya ke Memori Snapchat, penyimpanan internal ponsel, atau keduanya. Sekali lagi, kamu akan menemukan prosesnya serupa untuk aplikasi media sosial lainnya.

(brl/red)