5 Cara membuat baterai pengontrol Playstation5 bertahan lebih lama

5 Cara membuat baterai pengontrol Playstation5 bertahan lebih lama

Techno.id - Pengontrol DualSense Sony dikemas dengan fitur-fitur untuk membuat pengalaman PS5 kamu lebih imersif. Apa yang tidak diberitahukan Sony kepada kamu adalah bahwa fitur-fitur ini dapat berdampak serius pada masa pakai baterai pengontrol ini. Untungnya, ada beberapa cara untuk memperpanjang masa pakai baterai pengontrol.

Sebagai informasi, masa pakai baterai rata-rata DualSense sangat bergantung pada jenis game yang biasanya kamu mainkan dan nomor modelnya. Model DualSense terbaru mengklaim masa pakai baterai maksimum 12 jam, tetapi model aslinya dapat berkisar dari enam hingga delapan jam, tergantung pada pengaturan dan jenis permainan yang digunakan.

Bergantung pada tingkat input yang diperlukan dan seberapa sering judul tertentu menggunakan banyak fungsi pengontrol, DualSense dilaporkan dapat gagal bertahan bahkan setengahnya. Beberapa game menggunakan fitur tertentu seperti umpan balik haptic dan pemicu adaptif lebih intens daripada yang lain, tetapi banyak di antaranya dapat diputar mundur atau dimatikan sepenuhnya. Begini cara memperpanjang daya tahan baterai pengontrol PS5.

1. Matikan fitur opsional

5 Cara membuat baterai pengontrol Playstation5 bertahan lebih lama foto: playstation

Jika kamu bersedia mengorbankan beberapa fungsi DualSense yang lebih berteknologi tinggi, kamu dapat mengurangi beban pada baterai internal pengontrol. Untuk menemukannya, buka menu pengaturan PS5 melalui ikon roda gigi di kanan atas layar beranda konsol.

Dari sana, navigasikan ke Aksesori > Pengontrol (Umum) di mana kamu akan menemukan daftar pengaturan untuk banyak fitur pengontrol. Di sini, kamu dapat menyesuaikan intensitas fungsi getaran, efek pemicu adaptif, dan kecerahan lampu indikator.

Menggulir ke bawah ke Pengaturan Terkait juga akan memungkinkan kamu menyesuaikan volume speaker internal. Volume yang lebih rendah akan membantu mengurangi jumlah daya yang dibutuhkan untuk speaker, tetapi mematikannya sepenuhnya dapat menghambat efektivitas beberapa fitur dalam game.

2. Bisukan mikrofon internal dan gunakan headset nirkabel

5 Cara membuat baterai pengontrol Playstation5 bertahan lebih lama foto: freepik/newfabrika

Melanjutkan fungsionalitas all in one DualSense, pengontrol ini juga dilengkapi mikrofon internal. Mikrofon dihidupkan secara otomatis dengan pengontrol dan dapat menguras baterai secara signifikan meskipun tidak digunakan secara aktif. Kamu dapat membisukan mikrofon dengan tombol putih kecil di antara stik analog, tetapi kamu juga dapat mencegahnya menyala terlebih dahulu.

Untuk membisukan mikrofon secara otomatis saat masuk ke PS5, navigasikan ke layar Pengaturan melalui ikon roda gigi di kanan atas. Lalu, buka Suara > Mikrofon > Status Mikrofon Saat Masuk dan setel ke Bisukan.

Jika kamu menggunakan headset eksternal untuk pengalaman bermain game, menghubungkannya langsung ke pengontrol juga dapat menguras baterai. Untuk menghindarinya, coba gunakan headset USB atau Bluetooth nirkabel yang terhubung langsung ke konsol kamu alih-alih menggunakan jack headphone internal DualSense.

3. Nyalakan pengatur waktu mati otomatis pengontrol

5 Cara membuat baterai pengontrol Playstation5 bertahan lebih lama foto: freepik

Terkadang kamu mungkin beristirahat sejenak saat bermain game atau mungkin kamu rutin menggunakan PS5 untuk streaming media seperti film atau acara televisi. Saat pengontrol tidak digunakan secara aktif, kamu dapat mencegahnya menghabiskan baterainya dengan menyalakan pengatur waktu yang akan mematikannya secara otomatis setelah jangka waktu tertentu.

Untuk menemukan pengatur waktu mati otomatis, buka layar Pengaturan PS5 dan navigasikan ke Sistem > Hemat Daya > Atur Waktu Hingga Pengontrol Mati. Di sini, kamu dapat menyesuaikan jumlah waktu yang berlalu sebelum DualSense mati sendiri secara otomatis. Kamu dapat mengaturnya untuk mati setelah 10, 30 atau 60 menit, atau tidak sama sekali.

Dengan cara ini, kamu dapat yakin mengetahui bahwa pengontrol tidak akan terkuras dengan sendirinya jika kamu membiarkan konsol menyala saat kamu pergi atau tidak menggunakan pengontrol secara aktif.

(brl/red)