Penyebab dan cara mengatasi delay pada semua jenis TWS, transmisi menjadi faktor penting

Penyebab dan cara mengatasi delay pada semua jenis TWS, transmisi menjadi faktor penting

Techno.id - TWS (True Wireless Stereo) adalah teknologi nirkabel yang digunakan pada perangkat audio seperti earbuds atau headphone, yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik atau berbicara di telepon tanpa menggunakan kabel. TWS menggunakan teknologi Bluetooth untuk mentransmisikan suara secara nirkabel dari perangkat ke perangkat penerima, yang biasanya adalah ponsel atau tablet.

Dalam perangkat TWS, umumnya terdapat dua unit earbud yang saling terhubung secara nirkabel dan tidak terhubung dengan kabel, serta dilengkapi dengan fitur-fitur seperti kontrol sentuh, pengisian daya nirkabel, dan noise canceling. Teknologi TWS semakin populer karena praktis dan memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk bergerak dengan lebih leluasa tanpa terganggu oleh kabel yang mengganggu.

Masalah paling umum yang akan ditemukan oleh pengguna TWS adalah delay. Delay terjadi ketika suara yang keluar dari perangkat tidak sinkron dengan gerakan bibir dan suara asli. Misalnya, ketika seseorang menonton video atau berbicara di telepon menggunakan TWS, tetapi suara yang terdengar dari TWS tidak sesuai dengan gerakan bibir atau suara asli. Hal ini terjadi karena adanya keterlambatan atau delay dalam mentransmisikan suara dari perangkat TWS ke perangkat penerima.

Dilansir dari berbagai sumber oleh techno.id pada Selasa (2/5) berikut penjelasan soal penyebab dan cara mengatasi delay pada TWS.


(brl/guf)