Marak HP meledak akibat overheat, ini cara mudah agar ponsel tetap dalam kondisi dingin

Marak HP meledak akibat overheat, ini cara mudah agar ponsel tetap dalam kondisi dingin

Techno.id - Smartphone memang menjadi perangkat yang diandalkan untuk berkomunikasi, bekerja, belajar, hingga melakukan aktivitas hiburan. Karena banyaknya manfaat bisa didapat dari ponsel pintar, maka tak heran keberadaannya sudah menjamur di tengah masyarakat. Bahkan device multifungsi ini bisa digunakan oleh siapa saja karena memiliki sistem interface yang sederhana.

Namun baru-baru ini dunia teknologi digemparkan dengan adanya berita terkait smartphone yang meledak. Peristiwa tersebut hingga mengakibatkan korban jiwa. Terbaru, seorang anak kecil umur 8 tahun meninggal dunia akibat smartphone yang dipakainya meledak di India.

Insiden tersebut menimpa Adithyashree, seorang anak perempuan yang tinggal di Thiruvilwamala di Thrissur, Kerala, India. Kejadian pilu tersebut terjadi pada 24 April lalu, pukul 22.30 waktu setempat. Menurut hasil olah TKP tim forensik, didapati smartphone Redmi Note 5 Pro meledak. Menurut ahli forensik, ponsel tersebut tidak sedang dicas saat meledak. Namun HP yang digunakan mengalami overheating.

Overheat atau suhu panas tak wajar yang dihasilkan oleh smartphone memang menjadi momok menakutkan. Biasanya HP dapat overheating karena pemakaian secara terus menerus dengan membuka aplikasi beban berat. Hasilnya SoC perlu memacu perangkat sehingga terjadi kondisi panas berlebih.

Memang developer sudah menerapkan teknologi cooler sebagai langkah agar device tidak mudah panas. Namun tentu kapasitas dari sistem pendingin bawaan dari perangkat kadang tidak cukup. Apalagi pengguna memakai smartphone untuk aplikasi beban berat. Bahkan cooler juga tidak bisa bekerja maksimal jika dalam kondisi cuaca ekstrim.

Lantas bagaimana cara menjaga agar smartphone tetap dalam kondisi suhu stabil? Berikut techno.id pada Senin (31/4), sajikan cara mudah agar ponsel tetap dalam kondisi dingin.


(brl/guf)