Orang ini klaim bisa bongkar chat terenkripsi WhatsApp

image

Techno.id - Siapa yang tak mengenal John McAfee? Triliuner nyentrik ini sebelumnya sempat mencuri atensi publik dengan menyatakan mampu membantu FBI untuk membobol iPhone milik pelaku teror di San Bernardino. Kini, pria berkumis tebal itu kembali melempar pernyataan kontroversial.

Ya, John mengklaim telah menemukan celah di keamanan Android. Bersama timnya yang terdiri dari empat orang hacker, ia lalu memanfaatkan lubang di OS bikinan Google itu untuk membaca pesan WhatsApp yang telah dienkripsi. Tak cuma WhatsApp, mereka bahkan bisa mengakses semua hal di perangkat Android tersebut, tanpa perlu melakukan rooting.

John McAfee, pembuat antivirus McAfee  2013 The Canadian Press/AP Photo

John McAfee, pembuat antivirus McAfee
2013 The Canadian Press/AP Photo

Kepada CyberSecurityVentures.com (15/05/16), pembuat antivirus McAfee itu tidak menyalahkan WhatsApp atas celah ini, tetapi Google. John dan timnya pun belum bersedia untuk mengumbar ancaman yang bisa menyerang segala gadget Androidini lebih jauh, sebelum berdiskusi dengan Google.

"Sistem operasi Android digunakan oleh 90 persen masyarakat dunia. Sayang, yang harusnya menjadi benteng pertahanan pertama melawan serangan berbahaya malah cacat. Haruskah saya tidak mengabarkan ini ke dunia?" demikian terang John.

Sepak terjang John McAfeeini tentu berdampak pada ketar-ketirnyapengguna WhatsApp. Sebab dengan enkripsirapat yang dijanjikan, ternyata hacker pun masih bisa meretasnya.

(brl/red)