CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 14 April 2016 05:00

Yakinkah Anda Facebook bisa kuasai internet?

Kalau melihat kelengkapan aplikasi yang mereka miliki, target itu bukan tidak mungkin tercapai.

Yakinkah Anda Facebook bisa kuasai internet?

Techno.id - Saat awal meluncurkan Facebook 2004 silam, jejaring sosial itu cuma bertujuan untuk mengoneksikan mahasiswa Harvard University - tempat Mark Zuckerberg menimba ilmu sebelum drop-out. Tak lama, Facebook mulai menarik pengguna dari beberapa universitas lain di Amerika Serikat dan Kanada sampai pegawai perusahaan teknologi hingga masyarakat umum.

Namun, itu Facebook 12 tahun lalu. Dalam beberapa tahun terakhir dan ke depannya, Facebook Inc. ingin menghubungkan manusia sejagat. Mereka ingin menjadi 'internet'.

Bagaimana caranya?

Di panggung F8 2016 (12/04/16), Zuck membocorkan rahasia misinya, yakni dengan memiliki ekosistem aplikasi yang lengkap untuk beragam kebutuhan pengguna. Facebook Inc. kini punya variasi opsi untuk Anda, mulai dari komunikasi personal (WhatsApp), berdiskusi bersama grup kecil (Messenger), berinteraksi dengan teman-teman terdekat (Facebook), merencanakan pergerakan bersama komunitas (Facebook Groups), hingga membagikan sesuatu untuk netizen sedunia (Instagram).

Beragam layanan Facebook untuk mengadopsi bermacam-macam kebutuhan penggunanya
© 2016 Facebook

 

Untuk urusan bisnis, mereka juga siap. Chat-bot yang dibekalkan pada Messenger tentu adalah godaan terbesar bagi entitas bisnis untuk mulai menggunakan Messenger Platform. Ya, hal ini demi memuaskan konsumen mereka terutama dari generasi millennial yang benci harus meng-install banyak aplikasi untuk beragam layanan yang mereka pakai. Intinya, mengapa harus memasang aplikasi berita atau prediksi cuaca kalau bisa 'bertanya' langsung pada mereka lewat Messenger?

Sementara untuk mengadopsi kebutuhan pengguna tertentu yang ingin lebih dekat dengan teman maupun fans-nya, Facebook Live Video dirasa sudah cukup. Ini juga jawaban dari meledaknya konten video mulai tahun ini plus tantangan dari Periscope, Meerkat, serta YouTube.

Dengan senjata-senjata itu, Zuck jelas ingin 'menjebak' user untuk tidak melepaskan diri dari Facebook dan layanannya. Di sisi lain, user mungkin tak akan keberatan dengan jeratan ini karena Facebook memberikan keleluasaan pada mereka berupa 'the power of sharing'.

Target dari Facebook untuk menjadi 'internet' ini kami nilai mungkin saja terealisasi sekitar 10 tahun ke depan, sesuai dalam roadmap yang mereka paparkan. Bahkan, bukan tidak mungkin Zuck bakal hidup di mimpinya lebih cepat, kalau saja program mereka untuk membantu 4 miliar masyarakat sedunia untuk menikmati koneksi internet, seperti Free Basics, bisa dijalankan kurang dari satu dekade.

Bagaimana menurut Anda?

WHAT TO READ NEXT ?