Mengetahui Layanan Google Play dan cara mengelolanya agar tidak menguras baterai smartphone kamu

Mengetahui Layanan Google Play dan cara mengelolanya agar tidak menguras baterai smartphone kamu

Cara membatasi layanan Google Play

Menonaktifkan layanan Google Play

Mengetahui Layanan Google Play dan cara mengelolanya agar tidak menguras baterai smartphone kamu foto: freepik

Umumnya, kamu tidak dapat menonaktifkan atau menghapus Layanan Google Play. Karena layanan ini bekerja di latar belakang untuk begitu banyak aplikasi, menghapusnya atau menonaktifkannya kemungkinan besar akan menyebabkan ponsel tidak berfungsi, dan aplikasi tidak akan bekerja dengan baik atau berhenti bekerja sama sekali.

Cara mengurangi pengurasan baterai Layanan Google Play

Mengetahui Layanan Google Play dan cara mengelolanya agar tidak menguras baterai smartphone kamu foto: freepik

Cara untuk mengurangi pengurasan baterai secara keseluruhan adalah dengan membatasi apa yang dapat dilakukan aplikasi, terutama dengan layanan lokasi dan operasi latar belakang.

1. Inventarisir aplikasi di ponsel kamu dan hapus aplikasi yang tidak kamu gunakan secara teratur atau tidak diperlukan dalam sehari. Semakin sedikit aplikasi yang kamu miliki, semakin sedikit pula penggunaan Layanan Google Play.

2. Buka Pengaturan > Pembatasan Latar Belakang.Pengaturan ini memungkinkan kamu menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang, bahkan saat kamu tidak menggunakannya. Telusuri dan alihkan aplikasi yang tidak kamu perlukan, atau tidak diinginkan untuk beroperasi di latar belakang.

3. Buka Pengaturan > Aplikasi > Pengelola Izin > Lokasi. Kamu akan melihat kategori berikut ini, Diizinkan Sepanjang Waktu, Diizinkan Hanya Saat Digunakan, dan Ditolak. Klik setiap aplikasi dan ubah pengaturannya sesuai preferensi kamu. Batasi aplikasi yang diizinkan untuk menggunakan Lokasi sepanjang waktu hanya untuk aplikasi yang Anda perlukan, seperti pemetaan dan petunjuk arah, karena layanan lokasi merupakan salah satu yang paling boros baterai.

4. Pada Pengaturan > Aplikasi > Manajer Izin, telusuri izin lainnya dan matikan izin yang tidak kamu inginkan untuk dimiliki aplikasi. Ini akan mengurangi penggunaan aplikasi secara keseluruhan dan seberapa sering aplikasi tersebut mengakses Layanan Google Play.

Jadi mengelola Layanan Google Play adalah tentang mengelola apa yang dilakukan aplikasi lain di latar belakang. Jaga agar deretan aplikasi tersebut tetap sejalan, dan Layanan Google Play tidak akan membebani baterai smartphone kamu.

(brl/red)