Cara menambahkan Mode Baca ke perangkat Android, membaca konten web jadi lebih gampang

Cara menambahkan Mode Baca ke perangkat Android, membaca konten web jadi lebih gampang

Techno.id - Saat ini hampir semua orang membaca konten di perangkat selular. Namun, ada kalanya konten tersebut tidak selalu mudah dilihat atau dibaca di perangkat Android.

Mungkin karena cetakan yang terlalu kecil, banyaknya iklan dan gangguan lain yang mencegah konten ditampilkan dengan baik. Nah untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan aplikasi Mode Baca.

Fitur ini dapat menghilangkan bagian yang tidak penting agar halaman lebih mudah dibaca. Sayangnya, Android belum memiliki fungsionalitas bawaan untuk secara otomatis beralih ke Mode Baca. Namun, berkat aplikasi praktis di Google Play Store, kamu dapat menambahkan mode membaca ke perangkat. Berikut caranya.

Cara memasang aplikasi Mode Baca

Untuk menginstal aplikasi ini kamu membutuhkan setidaknya perangkat yang menjalankan Android 9 atau yang lebih baru.

1. Instal aplikasi

Cara menambahkan Mode Baca ke perangkat Android, membaca konten web jadi lebih gampang foto: google

Buka Google Play Store dan cari Mode Baca. Cari aplikasi resmi dari Google dan ketuk instal. Biarkan penginstalan selesai.

2. Mengaktifkan mode membaca

Kamu sekarang harus mengaktifkan mode membaca. Untuk melakukannya, buka aplikasi Pengaturan dan buka Aksesibilitas. Cari dan ketuk Mode baca. Pada halaman yang muncul, ketuk penggeser Nyala atau Mati hingga berada di posisi Nyala. Saat diminta, ketuk Izinkan agar Mode Baca memiliki akses penuh ke perangkat kamu.

Cara menambahkan Mode Baca ke perangkat Android, membaca konten web jadi lebih gampang foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu menggunakan perangkat Samsung Galaxy, setelah mengaktifkan Mode Baca, kamu akan diarahkan ke Pengaturan > Aksesibilitas > Aplikasi Terinstal > Mode Membaca di mana kamu dapat memilih dari berbagai metode untuk mengakses fitur (Ketuk Tombol Aksesibilitas, Tekan dan tahan tombol Volume Naik dan turun selama 3 detik, dan Tekan Tombol Samping dan Volume atas).

Cara menggunakan Mode Baca

Cara menambahkan Mode Baca ke perangkat Android, membaca konten web jadi lebih gampang foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Setelah diaktifkan, kamu akan melihat tombol kecil di tepi kanan bawah layar bergambar orang (untuk perangkat Samsung Galaxy) atau gelembung untuk ponsel lain. Untuk menggunakan Mode Baca, buka Chrome dan buka situs web atau halaman apa pun yang ingin kamu lihat.

Setelah berada di halaman, ketuk ikon Mode Baca. Maka konten akan diformat ulang secara otomatis sehingga lebih mudah dibaca di perangkat kamu.

(brl/red)