Marak kejahatan di jalan, ini cara membuat senter setrum dari barang bekas untuk jaga-jaga

Marak kejahatan di jalan, ini cara membuat senter setrum dari barang bekas untuk jaga-jaga

Techno.id - Stun gun atau senter setrum adalah alat pertahanan diri yang berfungsi dengan memberikan listrik tinggi ke target. Tujuannya untuk menonaktifkan sementara otot-otot tubuh dan memungkinkan pengguna melarikan diri maupun meminta bantuan. Stun gun dapat digunakan untuk melindungi diri sendiri dari serangan fisik, perampokan, atau tindakan kriminal lainnya.

Senter setrum atau lebih dikenal dengan stun gun terdiri dari dua elektroda yang terhubung dengan baterai dan ditempatkan pada ujung berlawanan satu sama lain. Ketika stun gun ditempatkan ke target, arus listrik mengalir melalui tubuh dapat menyebabkan rasa sakit dan kejang pada otot-otot. Namun, stun gun tidak mematikan dan biasanya tidak menyebabkan cedera serius, kecuali jika digunakan secara berlebihan atau ke orang yang rentan.

Nah, bagi kamu ingin membuat stun gun, ternyata bisa dilakukan dengan mudah, loh! Apalagi saat ini marak terjadi kejahatan jalanan. Senter setrum tentu dibutuhkan untuk membantu menjaga agar kamu tidak menjadi korban kejahatan.

Membuat senter setrum cukup mudah dilakukan. Bahannya juga tidak terlampau sulit didapatkan, stun gun juga bisa dibuat dari barang bekas tak terpakai. Lantas bagaimana langkah-langkah membuatnya? Kali ini techno.id akan memberikan cara membuat senter setrum dari barang bekas, yang dirangkum dari kanal YouTube Inspirasi Usaha, pada Senin (6/3).

Bahan diperlukan:

- Botol bekas.
- Kapasitor pompa air bekas.
- Steker bekas.

(brl/guf)