Layar iPhone kamu tidak mau berputar? Begini cara mudah memperbaikinya

Layar iPhone kamu tidak mau berputar? Begini cara mudah memperbaikinya

Techno.id - Fitur rotasi layar di smartphone berfungsi agar pengguna dapat membuat atau melihat menikmari konten baik foto atau video dalam format lansekap yang lebih luas. Cara kerjanya pun sangat sederhana, cukup pegang perangkat secara horizontal dan layar akan berputar.

Fitur ini hampir sama pada semua smartphone, termasuk iPhone. Namun jika iPhone kamu tiba-tiba menolak memutar layarnya, mungkin hal tersebut bukan disebabkan bug atau masalah perangkat keras. Berikut tiga cara mengatasi rotasi layar iPhone tidak berfungsi

1. Nonaktifkan kunci rotasi

Layar iPhone kamu tidak mau berputar? Begini cara mudah memperbaikinya foto: unsplash/kevin bhagat

Hampir semua iPhone modern memiliki fitur Kunci Rotasi yang jika diaktifkan akan mencegah layar berputar. Fitur ini ditujukan bagi mereka yang tidak ingin memutar layar secara tidak sengaja dengan gerakan tangan yang halus. Fitur ini dimatikan secara default, tetapi jika pengguna tidak sengaja menyalakannya, maka ia dapat mematikannya kembali dengan mudah.

1. Pada layar Utama iPhone kamu, usap ke bawah dari kanan atas layar untuk membuka Control Center.

2. Jika iPhone kamu memiliki tombol Home fisik, usap ke atas dari kanan bawah untuk membuka Control Center.

3. Temukan ikon dengan gambar gembok dan panah lingkaran. Ketuk ikon tersebut untuk mengaktifkan Kunci Rotasi.

Saat Kunci Rotasi aktif, ikon akan berwarna putih dan merah, dan saat tidak aktif, ikon akan berwarna hitam dan putih. Kamu biasanya akan mendapatkan pemberitahuan kecil di layar ketika fitur ini diaktifkan dengan satu atau lain cara. Jadi berhati-hatilah saat kamu mengutak-atik pengaturan.

(brl/red)