9 Cara memperbaiki layar smartphone yang berkedip-kedip, periksa kabel pengisian daya

9 Cara memperbaiki layar smartphone yang berkedip-kedip, periksa kabel pengisian daya

Techno.id - Kamu mungkin pernah mengalami gangguan dan bug pada smartphone yang menyebabkan layar berkedip-kedip saat mengisi daya atau saat menggunakan aplikasi. Layar ponsel yang berkedip-kedip ini juga dapat berupa layar berkedip hijau, berkedip di bagian bawah atau atas, atau menyala dan mati dengan cepat.

Lantas, mengapa layar ponsel kamu berkedip? Beberapa masalah dapat memicu layar ponsel berkedip-kedip. Beberapa penyebab umum di antaranya karena ada kerusakan akibat kemasukan air. Bisa juga karena ponsel terbentur atau terjatuh.

Sumber daya yang lemah atau tidak konsisten saat mengisi daya juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu bisa juga karena masalah sistem operasi atau perangkat lunak aplikasi. Mungkin juga karena keausan perangkat keras yang disebabkan usia atau terlalu sering digunakan.

Cara memperbaiki masalah layar ponsel yang berkedip-kedip

9 Cara memperbaiki layar smartphone yang berkedip-kedip, periksa kabel pengisian daya foto: freepik

Berikut adalah serangkaian perbaikan cepat untuk bug layar berkedip yang dapat digunakan pada iPhone Apple dan berbagai model ponsel pintar Android.

1. Nyalakan ulang ponsel

Menghidupkan ulang ponsel adalah proses yang sepenuhnya terpisah dari mode siaga atau tidur yang dapat membersihkan gangguan sistem operasi atau aplikasi yang mungkin berada di balik masalah kedipan layar. Ini adalah trik lama, matikan dan nyalakan kembali.

2. Perbarui sistem operasi

Ponsel yang berkedip-kedip dapat disebabkan sistem operasi yang sudah ketinggalan zaman yang mengalami masalah dengan perangkat keras saat ini. Pembaruan cepat dapat memperbaiki bug ini dan membantu ponsel berjalan lebih lancar.

3. Perbarui semua aplikasi

Versi lama dari sebuah aplikasi juga bisa menjadi penyebab layar ponsel berkedip-kedip. Karena itu, sebaiknya kamu perbarui semua aplikasi yang kamu gunakan atau yang terinstal di smartphone.

4. Periksa kabel pengisian daya apakah ada kerusakan

Aliran daya yang terputus dari sumber daya ke perangkat dapat menyebabkan ponsel berkedip-kedip. Masalah ini dapat terjadi karena kabel yang rusak atau usang.

(brl/red)