Karena alasan tertentu kamu bisa mematikan layanan lokasi di iPhone, begini caranya

Karena alasan tertentu kamu bisa mematikan layanan lokasi di iPhone, begini caranya

Techno.id - Ada banyak alasan mengapa pengguna ingin mengaktifkan atau menonaktifkan lokasi mereka di iPhone. Beberapa aplikasi berbasis geolokasi, seperti Google Maps atau layanan ridesharing, memerlukan akses lokasi agar berfungsi.

Kamera iPhone menghubungkan data lokasi dengan foto dan video. Beberapa aplikasi media sosial yang memungkinkan check-in ke tempat mengharuskan kamu mengaktifkan lokasi.

Tapi mungkin kamu tidak ingin menyerahkan data lokasi persis kamu ke perusahaan teknologi atau orang lain? Sebab, berbagi lokasi dapat memberi pengiklan pihak ketiga gambaran yang cukup bagus tentang tempat yang sering kamu kunjungi dan pada jam berapa. Paling buruk, berbagi lokasi dapat dimanipulasi dan digunakan dalam kasus pelecehan digital.

Dengan izin kamu, layanan lokasi memungkinkan aplikasi dan situs web termasuk Peta, Kamera, Cuaca, dan aplikasi lainnya menggunakan informasi dari data selular, Wi-Fi, jaringan Global Positioning System (GPS), dan Bluetooth untuk menentukan lokasi kamu.

Karena alasan tertentu kamu bisa mematikan layanan lokasi di iPhone, begini caranya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Namun kamu dapat mematikan layanan lokasi dan GPS untuk masing-masing aplikasi atau seluruhnya di iPhone. Begini cara menonaktifkan layanan lokasi di iPhone.

1. Buka Pengaturan di iPhone.

2. Ketuk Privasi & Keamanan.

3. Pilih Layanan Lokasi.

4. Aktifkan atau nonaktifkan Layanan Lokasi.

5. Kamu dapat menggulir ke bawah ke masing-masing aplikasi, mengetuknya, dan mengizinkan atau melarang akses lokasi.

6. Kamu dapat memilih antara Tidak Pernah, Tanya Lain Kali Atau Saat Saya Berbagi, dan Saat Menggunakan Aplikasi. Di sini, kamu juga memiliki opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Lokasi Tepat. Jika kamu mematikannya tetapi mengizinkan akses lokasi, aplikasi akan memperkirakan lokasi kamu.

Arti panah di layanan lokasi

Kamu mungkin melihat beberapa panah di Layanan Lokasi yang berada di samping aplikasi. Menurut Apple, apel abu-abu berarti aplikasi atau fitur telah menggunakan lokasi kamu dalam 24 jam terakhir, dan panah ungu berarti baru saja menggunakan lokasi kamu.

Arti fitur Bagikan Lokasi Kamu

Kamu juga dapat Membagikan Lokasi Kamu dari layanan lokasi di iPhone dengan orang-orang di kontak kamu. Ini juga membagikan lokasi kamu ke HomePod yang terhubung dan fitur Temukan aplikasi Saya dan Check-In. Kamu juga dapat mematikannya jika mau.

(brl/red)