Cara membagikan lokasi kamu di perangkat Android menggunakan Google Maps

Cara membagikan lokasi kamu di perangkat Android menggunakan Google Maps

Techno.id - Saat bepergian, tentu orang-orang terdekat atau keluarga ingin mengetahui keberadaan dan tentunya berharap kamu selalu dalam kondisi aman. Nah di era digital seperti sekarang, kamu bisa memberitahukan keberadaan kamu dengan membagikan lokasi saat ini secara real time.

Sistem operasi Android memungkinkan hal tersebut melalui apliksi Google Maps yang sudah terinstal di sebagian besar perangkat. Metode ini juga bisa berfungsi jika kamu mengunduh aplikasi di iPhone, dan kamu dapat membagikan lokasi menggunakan WhatsApp. Berikut cara membagikan lokasi kamu menggunakan Google Maps.

Cara membagikan lokasi kamu di perangkat Android menggunakan Google Maps foto: freepik

1.Buka aplikasi Google Maps

Temukan aplikasi Google Maps di ponsel Anda dan luncurkan.

2. Buka menu utama

Ketuk gambar profil kamu di pojok kanan atas untuk membuka menu.

3. Buka opsi berbagi lokasi

Dari daftar opsi yang muncul, ketuk 'Berbagi lokasi'.

4. Izinkan akses ke kontak kamu

Ketuk tombol biru 'Bagikan lokasi', lalu 'Izinkan' untuk memberikan izin kepada Google Maps untuk mengakses kontak kamu, jika kamu belum pernah melakukannya sebelumnya.

5. Pilih kontak mana dan untuk berapa lama

Dari layar berikutnya, pilih berapa lama kamu ingin membagikan lokasi. Kamu dapat memilih mulai dari 1-12 jam, satu hari, atau hingga kamu mematikannya secara manual.

Untuk berbagi langsung di dalam Google Maps, ketuk salah satu kontak kamu. Untuk orang lain, geser ke kanan, ketuk lainnya, lalu ketik nama, nomor, atau alamat email. Kamu kemudian dapat mengirim tautan yang memungkinkan mereka melacak lokasi kamu secara real time di Google Maps.

Baik untuk alasan sosial atau keamanan, metode ini memastikan kamu mengendalikan siapa yang tahu di mana kamyu berada dan untuk berapa lama. Tetapi selalu ingat untuk memprioritaskan privasi dan hanya membagikan lokasi dengan individu tepercaya.

(brl/red)